Home Komunikasi Pengertian Komunikasi Massa

Pengertian Komunikasi Massa

177

Pengertian komunikasi massa beserta karakteristik dan fungsinya. Komunikasi kepada orang banyak melalui media.

Pengertian Komunikasi Massa

Komunikasi massa (mass communication) merupakan salah satu jenis komunikasi dan level komunikasi berdasarkan jumlah audiens.

Komunikasi massa merupakan proses penyampaian pesan atau informasi kepada orang banyak dan secara serentak melalui saluran atau media komunikasi massa –sering disingkat “media massa” (mass media) atau “media” saja.

Seseorang bisa berteriak di tengah keramaian pasar untuk menyampaikan pesan kepada publik. Namun, secara “teori”, itu bukan komunikasi massa, karena komunikasi massa adalah komunikasi dengan media (communicating with media).

Berikut ini pengertian komunikasi massa beserta karakteristik dan fungsinya. Media cetak, media luar ruang, media penyiaran, dan media digital adalah berbagai jenis media komunikasi massa.

Pengertian Komunikasi Massa

Secara bahasa, komunikasi massa artinya penyampaian pesan melalui media massa sehingga diterima orang banyak.

Dalam literatur ilmu komunikasi, komunikasi massa didefinisikan sebagai proses organisasi media membuat dan menyebarkan pesan kepada khalayak.

two man and two woman standing on green grass field
Photo by rawpixel.com on Pexels.com

Pengertian praktisnya, komunikasi massa adalah komunikasi melalui media massa seperti koran, majalah, televisi, radio, dan internet.

Sejarah media massa sendiri dimulai dengan Acta Diurna yang dalam sejarah jurnalistik disebut-sebut sebagai media massa pertama di dunia.

Pesan yang didapat dari komunikasi massa bersifat umum karena dituju kepada umum dan demi kepentingan umum.

Komunikasi massa ditujukan kepada khalayak dan khalayaklah yang dapat menerima dan mengimplementasikan pesan pesan dari berbagai informasi yang diterima.

Secara bahasa, komunikasi massa adalah singkatan dari komunikasi media massa (mass media communication).

Komunikasi massa dilakukan melalui berbagai media, seperti radio, televisi, jejaring sosial, papan reklame, surat kabar, majalah, buku, film, dan internet.

Bara Juga:  Brand Journalism: Jurnalisme Perusahaan untuk Komunikasi Pemasaran

Jadi, dalam komunikasi massa, komunikatornya adalah lembaga media atau media massa –baik cetak, penyiaran, maupun internet/online. Mereka berkomunikasi atau menyampaikan pesan berupa berita atau informasi dari sumber berita (news source).

Berikut ini pengertian komunikasi massa menurut para ahli (akademisi dan praktisi):

– John R. Bittner: komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa kepada sejumlah besar orang.

– George Gerbner: komunikasi massa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan yang kontinyu serta paling luas dimiliki orang dalam masyarakat industri.

– Meletzke: komunikasi massa adalah setiap bentuk komunikasi yang menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui media penyebaran teknis secara tidak langsung dan satu arah pada publik yang tersebar.

Freidson: komunikasi massa adalah komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah populasi dari berbagai kelompok, dan bukan hanya satu atau beberapa individu saja.

Wright: pengertian komunikasi massa adalah bentuk komunikasi yang diarahkan ke khalayak luas, heterogen, dan anonim. Pesan yang disampaikan dalam komunikasi massa sifatnya terbuka, dan dapat diterima secara serentak.

Jalalludin Rakhmat: Komunikasi massa adalah jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen, dan anonim melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat

Setio Puji Laksono: Komunikasi massa adalah suatu proses dimana informasi diciptakan dan disebarkan oleh organisasi untuk dikonsumsi oleh khalayak.

Ruben: Komunikasi massa adalah studi ilmiah tentang media massa beserta pesan yang dihasilkan, pembaca/pendengar/penonton yang akan coba diraihnya, dan efeknya terhadap mereka.

Nurudin: Komunikasi massa adalah suatu proses dimana organisasi media memproduksi dan mentransmisikan pesan kepada publik yang besar dan proses dimana pesan itu dicari, digunakan, dimengerti dan dipengaruhi oleh audience.

Bara Juga:  Pengertian Pesan dalam Komunikasi

Littlejohn: Komunikasi massa adalah rangkaian suatu pesan-pesan yang dikomunikasikan oleh sekelompok orang melalui media massa pada sejumlah orang.

Joseph A. Devito: Komunikasi massa adalah sebagian keterampilan, sebagian seni dan sebagian ilmu.

  • Sebagian keterampilan meliputi teknik-teknik fundametal tertentu yang dapat dipelajari seperti memfokuskan kamera atau televisi.
  • Sebagian seni meliputi tantangan kreatif seperti penulisan skrip untuk program televisi, pengaturan tata letak yang estetis untuk iklan majalah.
  • Sebagian ilmu meliputi prinsip-prinsip tertentu tentang bagaimana berlangsungnya komunikasi yang dapat dikembangkan dan dipergunakan untuk membuat berbagai hal menjadi baik.

DeFleur dan Denis: Komunikasi massa adalah salah satu bentuk yang menggunakan saluran (media) dalam menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumlah banyak, bertempat tinggal yang jauh (terpencar), sangat heterogen dan menimbulkan efek tertentu.

Tan dan Wright: Komunikasi massa adalah suatu proses dimana suatu organisasi yang kompleks dengan bantuan satu atau lebih mesin memproduksi dan mengirimkan pesan kepada khalayak yang besar, heterogen, dan tersebar.

Demikian pengertian komunikasi massa.

Karakteristik Komunikasi Massa

Para ahli menyebutkan ciri atau karakteristik komunikasi massa yang beragam, namun banyak kesamaan satu sama lain.

Salah satunya karakteristik komunikasi massa yang diuraikan Hafied Cangara dalam Pengantar Ilmu Komunikasi (2022).

1. Komunikator Lembaga

Ciri utama komunikasi massa adalah komunikator atas nama lembaga. Komunikatornya merupakan individu yang menjadi bagian dari tim atau sistem.

Wartawan, penyiar, dan presenter menulis berita, siaran, dan membawakan acara atas nama lembaga medianya.

2. Pesan Umum

Pesan komunikasi yang disampaikan melalui media massa adalah terbuka untuk semua orang. Benda-benda tercetak, film, radio dan televisi apabila dipergunakan untuk keperluan pribadi dalam lingkungan organisasi yang tertutup, tidak dapat dikatakan komunikasi massa.

Bara Juga:  Podcast: Pengertian Media dan Media Massa

3. Komunikan Heterogen

Komunikan dalam komunikasi massa adalah sejumlah orang yang disatukan oleh suatu minat yang sama yang mempunyai bentuk tingkah-laku yang sama dan terbuka bagi pengaktifan tujuan yang sama; meskipun demikian orangorang yang bersangkutan tadi tidak saling mengenal, berinteraksi secara terbatas, dan tidak terorganisasikan.

Komposisi komunikan tersebut tergesergeser terus-menerus, serta tidak mempunyai kepemimpinan atau perasaan identitas.

4. Serempak

Keserempakan yang dimaksud ialah keserempakan kontak dengan sejumlah besar penduduk dalam jarak yang jauh dari komunikator, dan penduduk tersebut satu sama lain berada dalam keadaan terpisah. Radio dan televisi dalam hal ini melebihi media cetak.

5. Hubungan non-pribadi

Sifat non-pribadi ini timbul disebabkan teknologi dari penyebaran yang massal dan sebagian lagi dikarenakan syarat-syarat bagi peranan komunikator yang bersifat umum.

6. Bersifat Satu Arah

Dalam komunikasi massa, sebenarnya antara komunikator dengan komunikan yang berperan aktif, namun keduanya tidak bisa berdialog atau berkomunikasi secara langsung, seperti yang terjadi pada proses komunikasi antarpersonal. Hal inilah yang membuat komunikasi massa ini bersifat satu arah.

7. Umpan Balik Tertunda

Komunikasi massa memiliki umpan balik yang tertunda (delayed). Hal tersebut dikarenakan prosesnya yang tidak secara langsung bertatap muka antara komunikator dan komunikan.

Feedback dari komunikan dapat dilakukan menggunakan pesawat telepon, email, sms, dll (itu dikatakan tertunda atau tidak langsung).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here