Home Komunikasi Pengertian Vodcast, Versi Video dari Podcast, dan Cara Membuatnya

Pengertian Vodcast, Versi Video dari Podcast, dan Cara Membuatnya

224

Pengertian Vodcast, Versi Video dari Podcast, dan Cara Membuatnya (Vodcasting Tips).

Vodcast Video Podcast

Pengertian vodcast berbeda pengertian podcast. Vodcast singkatan dari video podcast atau video berisi podcast. Prosesnya disebut vodcasting yang artinya pembuatan vodcast.

Podcast merupakan konten baru di internet berupa audio. Podcast umumnya berisi pembicaraan yang membahas topik tertentu secara monolog, wawancara, ataupun obrolan.

Nah, ketika podcast itu divideokan, jadilah ia vodcast yang kini banyak ditemukan di Youtube. Podcast sendiri bisa ditemukan di platform podcast seperti Spotify dan Google Podcast.

Mengapa semua podcast memublikasikan video ke YouTube? Karena YouTube memiliki dua miliar pengguna (dan terus bertambah), yang menjadikannya tempat yang ampuh untuk menumbuhkan audiens Anda.

Faktanya, 43% pendengar podcast bulanan mengatakan bahwa mereka menikmati konten podcast di YouTube pada tahun lalu, yang berarti Anda mungkin memiliki penggemar potensial yang menjelajahi YouTube untuk konten seperti milik Anda sekarang. Yang harus Anda lakukan adalah mengubah podcast biasa Anda menjadi podcast video.

Pengertian Vodcast

Vodcast adalah singkatan dari video podcast. Kegiatannya disebut vodcasting.

Vodcasting disebut juga vlogging dengan menambahkan video ke file suara yang dapat diunduh yang digunakan oleh pendengar podcast.

Vodcast juga dikenal sebagai vidcast, video podcast, atau videocast.

Istilah vodcast juga adalah kependekan dari “Video-On-Demand-cast.” Dalam istilah yang paling sederhana, paling mudah untuk menganggap vodcast sebagai versi video dari podcast.

Dalam kebanyakan kasus, vodcasting mengacu pada praktik pengambilan video dari sesi rekaman podcast—tetapi vodcast dapat berupa podcast apa pun dengan elemen video.

Vodcaster biasanya podcaster bereksperimen dengan menambahkan video ke konten audio mereka. Pembuatnya mungkin mengambil podcast audio dan menambahkan animasi, slide, atau bahkan visualisasi umpan audio.

Bara Juga:  Sejarah Podcast

Alih-alih berfokus sepenuhnya pada kualitas audio, vodcaster juga berkonsentrasi untuk memproduksi konten video berkualitas tinggi.

Salah satu teknik umum adalah menggunakan kamera video untuk merekam diri mereka sendiri saat merekam episode podcast reguler mereka.

Dengan begitu, mereka memiliki file audio biasa yang dapat mereka unggah ke host podcast mereka, tetapi mereka juga memiliki file video yang dapat mereka unggah ke YouTube, media sosial, atau situs web mereka.

Perbedaan Vodcast dan Podcast

Ada sedikit perbedaan antara podcast dan vodcast. Vodcast adalah langkah di luar podcasting.

Tujuan vodcast adalah untuk membuat konten video yang menarik dan/atau menghibur untuk dinikmati pemirsa, biasanya untuk membangun pemirsa atau merek (brand).

Podcast adalah acara audio yang telah ada sejak tahun 2004. Ada banyak jenis podcast, dari konten pendidikan hingga berita dan komedi, hingga drama audio dan podcast naratif nonfiksi.

Podcast sangat populer karena merupakan bentuk media audio sesuai permintaan yang nyaman. Pendengar tidak perlu beralih di antara stasiun radio atau membawa pemutar CD yang besar; sekarang, mereka cukup berlangganan acara yang menarik minat mereka dan mendengarkan dari kenyamanan ponsel cerdas mereka.

Tetapi karena podcast semakin populer — pada saat penulisan, diperkirakan setidaknya ada 850.000 podcast aktif yang tersedia saat ini — semakin sulit untuk menonjol. Di situlah vodcasting (atau vlogging) masuk.

Vodcast pada dasarnya adalah podcast yang lebih serbaguna. Kreator masih dapat mengunggah file audio ke host podcast mereka dan terus muncul di aplikasi mendengarkan podcast—tetapi mereka juga dapat mempublikasikan rekaman video acara mereka ke platform yang mendukung video seperti YouTube dan media sosial.

Pendengar target Anda tidak harus bergantung pada jadwal program televisi untuk menonton konten yang menarik minat mereka. Sebagai gantinya, mereka dapat menonton di ponsel, komputer, atau pemutar video portabel lainnya sesuai keinginan mereka.

Bara Juga:  Podcast: Pengertian Reputasi Online

Video: Podcast vs Vodcast

Halaman berikutnya: Kelebihan Vodcast vs Podcast

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here