Home Jurnalistik Pengertian Berita Lengkap dengan Unsur, Nilai, Struktur, dan Jenisnya

Pengertian Berita Lengkap dengan Unsur, Nilai, Struktur, dan Jenisnya

323

Pengertian berita berikut ini akan memperjelas perbedaan berita dengan informasi secara umum. Sebuah berita mengandung unsur, nilai, dan struktur jelas.

pengertian beritaSetiap hari ada berita karena selalu ada peristiwa yang terjadi. Berita berbeda dengan informasi. Berita itu bagian dari informasi.

Secara praktis, berita itu informasi sebuah peristiwa yang disampaikan media massa. Ia juga merupakan produk seni komunikasi karena menulis berita memerlukan keahlian khusus.

Berita merupakan produk utama jurnalistik sekaligus karya utama wartawan atau jurnalis. Keahlian dasar sekaligus keterampilan utama jurnalis adalah menulis atau menyajikan berita.

Pengertian Berita

Secara bahasa, pengertian berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat; kabar; laporan; pemberitahuan; atau pengumuman. (KBBI)

Dalam bahasa Inggris, berita disebut news yang artinya “informasi yang baru diterima atau penting, terutama tentang peristiwa baru atau penting” (newly received or noteworthy information, especially about recent or important events).

Kata “news” sendiri berasal dari kata “new” (baru), merujuk pada informasi terkini tentang sebuah peristiwa yang baru terjadi atau informasi baru yang belum diketahui sebelumnya oleh audiens.

Kata news juga sering dimaknai sebagai singkatan dari arah mata angin: north (utara), east (timur), west (barat), dan south (selatan).

Secara istilah, berita adalah produk utama jurnalistik sekaligus karya utama jurnalis atau wartawan. Menulis berita, dengan demikian, merupakan keahlian pokok para wartawan.

Pengertian berita dalam konteks jurnalistik dan media atau pers adalah laporan peristiwa yang dibuat wartawan dan disajikan melalui melalui media massa.

Laporan itu bisa berupa tulisan, audio (radio), atau video (televisi). Tulisan berita ada di media cetak dan media online atau situs berita.

Bara Juga:  Jurnalisme Multimedia dan Skill Wartawan Era Digital

Berita berupa audio di media radio dan berita berformat konten video atau multimedia ada di televisi dan situs berita.

Laporan peristiwa bisa saja dibuat oleh siapa saja (bukan wartawan). Namun, berita yang dibuat wartawan dan disajikan di media pers lebih terpercaya karena melalui proses verifikasi fakta, pengeditan (editing), karena wartawan profesional berpegang teguh pada disiplin verifikasi dan kode etik jurnalistik.

Wartawan tidak akan sembarangan membuat dan menyebarluaskan sebuah berita, sebelum dipastikan akurat dan benar terjadi (faktual).

Informasi yang dibuat warganet bisa saja hoax dan informasi hoaks selama ini diverifikasi oleh wartawan/media pers.

Pengertian berita menurut para ahli

Istilah berita berasal dari bahasa Sanskerta, vrit. Ada pula yang menyebutnya vritta yang berarti kejadian atau hal apa pun yang telah terjadi.

Berikut ini beberapa pengertian berita menurut para ahli sebagaimana dikutip Kompas.

Nasution

“Berita adalah laporan terkait peristiwa-peristiwa yang terjadi dan ingin diketahui secara umum, bersifat aktual, telah terjadi dalam lingkungan pembaca, berhubungan dengan tokoh terkemuka, dan akibat peristiwa tersebut bisa berpengaruh kepada pembaca”.

Djuraid

Menurut Djuraid, berita merupakan suatu laporan ataupun pemberitahuan mengenai terjadinya peristiwa atau keadaan bersifat umum dan baru saja terjadi, yang disampaikan oleh wartawan media massa.

Jani Yosef

Jani Yosef mendefinisikan berita sebagai laporan terkini tentang fakta penting atau menarik bagi khalayak, yang disebarluaskan lewat media massa.

Hoeta Soehoet

Hoeta Soehoet menyatakan bahwa berita adalah keterangan mengenai peristiwa atau isi pernyataan manusia.

Doug Newson dan James A. Wollert

“Berita adalah apa saja yang ingin dan perlu diketahui orang atau lebih luas lagi oleh masyarakat”.

Paul De Maeseneer

Menurut Paul De Maeseneer, berita adalah informasi mengenai kejadian baru bersifat penting dan bermakna (signifikan), yang berpengaruh pada pendengarnya serta relevan dan layak dinikmati oleh mereka.

Bara Juga:  Media di Indonesia Masuki Era Kegelapan Jurnalisme

Dean M. Lyle Spencer

“Berita ialah kenyataan ide secara benar dan dapat menarik perhatian lebih besar bagi para pembacanya”.

Adi Negoro

Menurut Adi Negoro, berita adalah suatu pernyataan antara manusia yang saling memberitahukan satu sama lainnya.

Freda Morris

Freda Morris menyatakan bahwa berita adalah sesuatu yang baru, penting, dan dapat memberi dampak dalam kehidupan manusia. Menurutnya, berita terdiri dari unsur baru, penting, serta bermanfaat bagi manusia.

Mickhel V. Charniey

Berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian pembaca serta menyangkut kepentingan mereka.

Willard C. Bleyer

Berita adalah sesuatau yang terkini (baru) yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar sehingga menarik minat bagi pembaca.

Wiliam S. Maulsby

Berita adalah suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta. Berita harus punya arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat hal tersebut.

Eric C. Hepwood

Berita adalah laporan pertama dari kejadian penting dan dapat menarik perhatian umum.

Demikian pengertian berita. Untuk lebih memahami makna berita, di halaman berikutnya dibahas nilai berita, unsur berita, dan jenis-jenis berita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here