Home Komunikasi Jenis-Jenis Komunikasi dan Contohnya

Jenis-Jenis Komunikasi dan Contohnya

508

Komunikasi adalah penyampaian dan penerimaan pesan melalui media atau cara tertentu. Ada banyak jenis dan cara berkomunikasi. Berikut ini jenis-jenis komunikasi berdasarkan klasifikasi tertentu.

Secara garis besar, komunikasi dibagi menjadi dua jenis, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal.

Komunikasi verbal adalah penyampaian pesan menggunakan kata-kata, baik secara lisan (oral) maupun tulisan (written).

Secara bahasa, komunikasi verbal adalah komunikasi lisan. Dalam KBBI, verbal artinya “secara lisan”, bukan tertulis.

Komunikasi verbal adalah penggunaan bahasa untuk mentransfer informasi melalui berbicara atau bahasa isyarat.

Ini adalah salah satu jenis yang paling umum. Komunikasi jenis ini sering digunakan dalam pidato, presentasi, konferensi video, panggilan telepon, rapat, dan percakapan.

Contoh komunikasi verbal:

  • Berbicara atau bercakap-cakap dengan orang lain
  • Membaca koran atau majalah
  • Menulis surat perjanjian, surat lamaran kerja, surat permohonan, dan lain lain
  • Pidato atau presentasi di depan banyak orang (public speaking).

jenis komunikasi

Komunikasi non-verbal adalah komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata, melainkan menggunakan bahasa tubuh (body language), bahasa isyarat, gerakan anggota badan (gestur), ekspresi wajah, kontak mata.

Vokal seperti intonasi, aksentuasi, kualitas suara, dan gaya bicara serta emosi juga termasuk komunikasi non-verbal yang biasa menyertai komunikasi verbal.

Jadi, komunikasi nonverbal adalah penggunaan bahasa tubuh, gerak tubuh, dan ekspresi wajah untuk menyampaikan informasi kepada orang lain.

Ini dapat digunakan baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Misalnya, Anda mungkin tersenyum secara tidak sengaja saat mendengar ide atau informasi yang menyenangkan atau menyenangkan.

Komunikasi nonverbal berguna saat mencoba memahami pikiran dan perasaan orang lain.

Jika mereka menunjukkan bahasa tubuh yang “tertutup”, seperti lengan disilangkan atau bahu membungkuk, mereka mungkin merasa cemas, marah atau gugup.

Bara Juga:  Pengertian Komunikasi yang Sebenarnya

Jika mereka menunjukkan bahasa tubuh “terbuka” dengan kedua kaki di lantai dan lengan di samping atau di atas meja, mereka cenderung merasa positif dan terbuka terhadap informasi.

Hasil studi menunjukkan, komunikasi non-verbal memainkan peran terpenting dalam komunikasi efektif.

jenis komunikasi verbal non-verbal

 

 

Jenis-Jenis Komunikasi

Berikut ini Jenis-Jenis Komunikasi berdasarkan klasifikasi tertentu, mulai dari cara penyampaian hingga level (tingkatan) atau jumlah audiens.

Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Cara Penyampaian 

Menurut cara penyampaiannya, komunikasi dibagi dalam empat jenis:

1. Komunikasi Lisan (Oral Communication)

Komunikasi lisan adalah komunikasi dengan cara berbicara. Komunikasi bentuk ini dilakukan antara kedua belah pihak secara bertatap muka, baik secara langsung dengan kehadiran fisik maupun melalui media seperti telepon atau panggilan video.

2. Komunikasi Tertulis (Written Communication)

Komunikasi tertulis adalah komunikasi melalui tulisan atau dengan cara menulis, mengetik, atau mencetak simbol, seperti huruf dan angka untuk menyampaikan informasi.

Menulis biasanya digunakan untuk berbagi informasi melalui buku, pamflet, blog, surat, memo, dan lainnya.

Email dan obrolan (chat) adalah bentuk komunikasi tertulis yang umum di tempat kerja dan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Komunikasi Visual (Visual Communication)

Komunikasi visual adalah sebuah rangkaian proses penyampaian informasi atau pesan dengan penggunaan media penggambaran yang hanya terbaca oleh indra penglihatan.

Komunikasi visual memadukan seni, lambang, tipografi, gambar, desain grafis, ilustrasi, dan warna, seperti foto, gambar, sketsa, bagan, dan grafik.

Visual sering digunakan sebagai bantuan selama presentasi untuk memberikan konteks yang membantu di samping komunikasi tertulis dan/atau verbal.

Karena orang memiliki gaya belajar yang berbeda, komunikasi visual mungkin lebih membantu bagi beberapa orang untuk mengkonsumsi ide dan informasi.

Bentuk komunikasi visual paling populer adalah rambu-rambu lalu lintas atau tanda-tanda penunjuk di tempat umum, seperti dalam gambar berikut ini:

Bara Juga:  Unsur Komunikasi

public-signs

 

Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Keberlangsungannya

1. Komunikasi Langsung

Proses komunikasi langsung (direct communication) adalah komunikasi yang dilakukan tanpa bantuan, campur tangan, perantara pihak lain ataupun media komunikasi.

2. Komunikasi Tidak Langsung 

Komunikasi tidak langsung (indirect communication) dilakukan melalui perantara, baik itu pihak ketiga atau bantuan alat-alat komunikasi lainnya.

Komunikasi melalui media massa atau komunikasi media termasuk jenis komunikasi tidak langsung.

Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Perilaku

1. Komunikasi Formal

Komunikasi formal adalah komunikasi resmi yang biasanya terjadi dalam suatu lembaga atau organisasi, terutama lembaga resmi pemerintah.

Komunikasi seperti ini biasanya sudah mempunyai aturan dan tata caranya sendiri menurut rules dari organisasi atau perusahaanya.

2. Komunikasi Informal

Komunikasi informal terjadi dalam suatu organisasi yang tidak ditentukan dalam struktur organisai dan tidak dapat pengakuan resmi yang juga tidak berpengaruh terhadap kepentingan organisasi yang bersangkutan, misalnya adalah obrolan antar teman, desas-desus dan sebagainya.

3. Komunikasi Non-formal

Komunikasi nonformal adalah komunikasi yang terjadi antara bersifat formal dan informal, yaitu komunikasi yang bertujuan dengan pelaksanaan tugas pekerjaan organisasi.

Halaman berikutnya: Jenis-Jenis Komunikasi Maksud, Aliran, Isi, Level.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here