Home Artikel Pengertian Blog

Pengertian Blog

75

pengertian blog

Blog merupakan istilah yang muncul setelah perkembangan internet dan website. Blog merujuk pada website pribadi, namun juga ada pengertian lain.

Sebuah blog dibuat di platform blogging gratis seperti Blogger, WordPress, dan Medium. Ada juga blog berbayar dengan membeli domain dan hosting lalu membangun webnya dengan CMS WordPress.

Blog bagus buat personal branding, media berbagi pengalaman dan pengetahuan, juga untuk bisnis online. Pelaku usaha kecil dan menengah bisa memanfaatkan blog untuk pemasaran internet, online marketing, atau digital marketing dan sales.

Sebuah situs berita atau portal berita bisa dibuat menggunakan platform blog, baik Blogger maupun WordPress. Anda bisa Cara Membuat Website Berita dengan WordPress.

Pengertian Blog

Disebut juga weblog (singkatan dari website log), blog adalah situs web yang diumpamakan sebagai buku harian atau jurnal.

Kebanyakan orang bisa membuat blog dan kemudian menulis di blog itu. Blogger atau bloger (sebutan untuk orang yang menulis di blog) sering kali menulis tentang opini dan pemikirannya.

Blog yang berisi materi video disebut blog video atau video log, biasanya disingkat menjadi vlog.

Ketika seseorang menulis di blog, yang mereka tulis adalah dalam bentuk postingan, yaitu satu buah tulisan di blog. Posting sering kali menyertakan link ke situs lain.

Blog dapat memiliki satu atau lebih penulis. Jika mereka memiliki lebih dari satu penulis, mereka sering disebut blog komunitas, blog tim, atau blog grup karena pemikirannya dibuat oleh lebih dari satu orang.

Ada juga istilah business blogging atau corporate blogging. Istilah itu merujuk pada kegiatan menulis postingan untuk pemasaran konten (content marketing) di website lembaga atau website bisnis (marketplace, toko online).

Di Seni Komunikasi ini juga ada menu kategori Blog. Tujuannya yaitu content marketing guna menarik trafik pengunjung.

Bagaimana blog bekerja

Di banyak blog, orang yang membaca postingan dapat meninggalkan komentar, yaitu catatan yang berisi pendapat seseorang tentang postingan blog tersebut.

Hal ini membuat blog bagus untuk diskusi – jika seseorang menulis sesuatu yang tidak dipercayai oleh orang lain, orang lain dapat memperbaikinya dengan menulis komentar di blog itu atau di blog mereka sendiri.

Orang lain tidak dapat mengubah apa yang dikatakan posting, tetapi penulis posting bisa. Tidak semua posting blog perlu dibicarakan atau diperbaiki.

Tapi jika ada banyak orang yang tertarik dengan suatu topik, mereka bisa memulai diskusi di blog asli, di blog sendiri, atau keduanya. Orang-orang ini dapat mendiskusikan suatu topik atau sudut pandang mereka.

Sangat sering, blog komunitas atau blog grup akan menyusut menjadi sekelompok kecil blogger (penulis) yang saling mengenal dan percaya, yang disebut jaringan kreatif.

Blog komunitas semacam itu juga akan memiliki kelompok orang yang lebih besar, jaringan sosial, yang hanya membaca (dan mungkin mengomentari) blog.

Beberapa blog memiliki scoring (rangking) postingan yang membuat jaringan ini lebih solid, sehingga postingan yang paling disukai orang ditampilkan lebih dulu atau dengan cara yang lebih mudah ditemukan.

Seringkali orang memiliki blog sendiri dan membuat RSS feed untuk itu. Ketika blog memiliki RSS feed, program lain, yang disebut agregator konten, dapat menempatkan postingan dari semua blog yang disukai seseorang di satu tempat.

Banyak orang merasa lebih mudah membaca semua postingan baru dari blog yang mereka sukai di satu tempat, melalui RSS, daripada membuka setiap situs satu per satu.

Beberapa ahli berpendapat, blog komunitas, dan beberapa kelompok blog individual (satu orang) yang membicarakan topik serupa, memiliki struktur kekuasaan seperti itu di dalam partai politik.

Para ahli ini berpikir bahwa sebuah klik (sekelompok kecil orang yang eksklusif) akan mengontrol diskusi dengan memilih kapan seseorang telah “memenangkan” suatu argumen, dan kapan suatu masalah diputuskan.

Tetapi keuntungan dari blog adalah bahwa bahkan orang-orang di luar klik tersebut dapat mengomentari diskusi asli. (Wiki)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here