Home Blogging 10 Cara Menghasilkan Uang dari Blog Tanpa AdSense

10 Cara Menghasilkan Uang dari Blog Tanpa AdSense

15598

narablog bloggerApakah blog, blogging, atau menjadi blogger bisa menghasilkan uang? Jawabannya: bisa banget! Bagaimana caranya? Ini yang akan kita bahas.

Setidaknya ada 10 cara menghasilkan uang dari blog tanpa iklan Google AdSense.

Blog seperti di Platform Blogger milik Google bisa membuat pemiliknya menjadi “blogpreneur” atau teknopreneur. Google sendiri memberikan ulasan tentang Cara Meraih Penghasilan dari Blog atau monetisasi blog.

Google menyebutkan iklan, marketing afiliasi, penawaran produk fisik atau digital, langganan, dan pelatihan sebagai cara menghasilkan uang dari blog.

Sumber penghasilan utama blogger, juga situs-situs berita saat ini, adalah Google AdSense. Sedangkan bagi blogger pemula, diterima menjadi penayang iklan Google itu susah banget.

Salah satu syarat diterima Google AdSense, menurut pengalaman, minimal jumlah kunjungan ke blog kita antara 250-300 pengunjung unik per hari.

Kini, abaikan dulu Google AdSense. Mari kita lihat bagaimana cara menghasilkan uang dari blog tanpa AdSense.

10 Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Mungkin salah satu cara mendapatkan penghasilan dari blog berikut ini cocok bagi Anda. Tips monetisasi blog tanpa adsense ini saya himpun dari berbagai sumber.

1. Menjual Barang

Banyak blogger yang sukses menjual barang di blognya melalui  CafePress. Tentu, Anda juga promosikan produk/jasa Anda melalui blog Anda sendiri.

Jangan lupa, promosikan diri Anda, jasa Anda, keahlian Anda, di menu “about” (tentang).

2. Menerima Donasi

Tidak usah ragu dan malu untuk meminta donasi (sumbangan) kepada pembaca Anda. Jika mereka suka dengan blog Anda, mereka akan dengan senang hati mengirimkan donasi. Banyak blogger yang melakukannya dan berhasil. Anda bisa menambahkan “donation button” di blog Anda melalui akun PayPal.

3. Menulis di Blog Lain

Kebanyakan blogger menulis “guest posts” seara gratis guna mempromosikan blog mereka sendiri.

Bara Juga:  Cara Menulis Posting Blog Epik yang Beresonansi

Namun demikian, Anda juga bisa menawarkan jasa layanan posting dengan memasng tarif (honor).

4. Menulis dan Menjual Ebook

Jika blog Anda memiliki pembaca setia, maka mereka akan menyukai apa yang Anda sampaikan. Jika Anda ahli di bidang blogging, misalnya, maka ada kesempatan baik bagi Anda karena orang-orang ingin mendapatkan pengetahuan yang lebih dari sekadar di blog Anda.

Maka, buatlah ebook dan tawarkan kepada mereka di blog Anda. Lulu adalah salah satu provider yang siap menerbitkan dan menjual ebook Anda.

5. Menulis Buku

Sama dengan ebook, namun dalam hal ini Anda menulis buku lalu diterbitkan secara konvensional (cetak), lalu promosikan di  blog Anda.

6. Menjadi Blogger Profesional

Banyak blog dan jaringan blog yang mencari penulis atau pengarang yang bisa mengisi blog atau content writer. Banyak pekerjaan blogging demikian yang dibayar.

7. Melamar Pekejaan Menulis Blog

Blogging (ngeblog) bisa menjadikan Anda penulis yang baik. Blogging adalah sarana pelatihan menulis yang paling efektif saat ini. Banyak tersedia writing jobs online and offline.

8. Menjadi Pembicara

Banyak blogger yang sukses menjadi pemateri atau pembicara. Mereka diundang karena posting blognya mencerminkan keahlian mereka.

Jika Anda fokus ke blog tentang IT, misalnya, maka Anda berpeluang menjadi pembicara di pelatihan IT. Maka, tunjukkan kompetensi Anda di suatu bidang, lalu posting di blog Anda, dan jangan ragu mempromosikan diri.

9. Menjadi Konsultan

Jika Anda pakar di suatu bidang, tunjukkan lewat blog Anda, lalu tawarkan jasa konsultasi blogging kepada orang lain atau instansi.

Anda bisa menawarkan jasa pembuatan blog, SEO Blog, dan sebagainya yang dibutuhkan banyak orang atau perusahaan.

Bara Juga:  5 Tema WordPress Terbaik SEO Friendly untuk Web Pribadi dan Berita

10. Terima Posting Tamu Berbayar

Banyak situs web menghasilkan uang dengan menerima kiriman tamu di situs mereka. Ini bisa menjadi cara baru untuk menghasilkan sedikit uang tambahan.

Jika Anda ngeblog lebih dari satu tahun atau lebih, Anda mungkin telah membuat DA yang bagus yang berarti blog Anda bisa menjadi tempat yang ideal untuk mendapatkan kiriman tamu.

Bergantung pada otoritas domain Anda, peringkat situs web, keterlibatan audiens, dan lalu lintas keseluruhan, Anda dapat menetapkan tarif untuk menerima posting tamu berbayar.

Do video berikut ini saya membahas 7 sumber penghasilan blogger.

Video: Cara Blogger Menghasilkan Uang

 

2 COMMENTS

  1. Salam kang Romel. Akhirnya bertemu kembali dengan kang Romel walaupun cuma di wordpress. Saya pernah mengikuti pelatihan kang Romel kalau tidak salah mengenai public speaking yang diadakan di Bandung beberapa tahun lalu. Semoga sukses selalu untuk kang Romel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here