Home Artikel Monetisasi Podcasting: 20 Cara Menghasilkan Uang dari Podcast

Monetisasi Podcasting: 20 Cara Menghasilkan Uang dari Podcast

68

sejarah podcast

PODCASTING itu seperti blogging. Niat membuat podcast sama dengan ngeblog. Mulai dari hobi dan berbagi, hingga bisnis alias menghasilkang uang (monetisasi).

Bagaimana cara monetisasi podcast atau mendapatkan duit dari podcasting?

Jawabnya: iklan. Sponsor menjadi andalan semua content creator untuk monetisasi karyanya. Bahkan, situs-situs berita pun mengandalkan iklan, khususnya Google AdSense.

Podcaster di Amerika Serikat sudah bisa monetisasi melalui fitur Anchor. Podcaster Indonesia belum bisa monetisasi podcastnya di Anchor. Masih mengandalkan sponsor atau iklan. Itu pun baru menimpa podcast milik pesohor.

Bagi podcaster berstatus “orang biasa”, maka podcasting hanya untuk “ikut trend” aja. Andalan menghasilkan uang tetap dari AdSense blog/website atau channel Youtube.

Jadi, bagaimana dong cara menghasilkan uang dari podcast?

Banyak cara. Namun, realistisnya adalah membuat website untuk promosikan podcast sekaligus mengisi web itu dengan postingan ala blogger pada umumnya. Dari web itulah nanti monetisasi dengan AdSense.

Selain AdSense, jika trafik website tinggi, akan datang juga iklan display (banner) dan conten placement (paid post, advertorial). Kita juga bisa ikut program afiliasi.

Selain website sendiri, videokan podcast Anda dan unggah ke Youtube. Dari channel Youtube itulah peluang monetisasi podcast akan muncul –dari AdSense juga.

20 Cara Menghasilkan Uang dari Podcast

Menurut Castos, ada 20 cara menghasilkan uang dari podcast. Monetisasi podcast ini terbagi dalam dua bagian, langsung dan tidak langsung.

Cara Memonetisasi Podcast Secara Langsung

Berikut ini adalah strategi monetisasi podcast langsung. Pilih salah satu yang paling sesuai untuk podcast Anda.

1. Minta sumbangan

Cara termudah untuk memonetisasi podcast adalah donasi atau meminta uang kepada orang lain. Banyak penggemar dengan senang hati memberikan beberapa dolar ke podcaster favorit mereka untuk memastikan mereka terus mendapatkan konten yang bagus.

Cara memonetisasi podcast melalui donasi ini selalu menjadi solusi pertama yang direkomendasikan karena mudah untuk disiapkan dan dipromosikan.

Anda dapat menambahkan tombol PayPal atau mencantumkan nomor rekening di website Anda.

2. Member premium

Anda bisa membuat tingkatan keanggotaan berbayar. Tren terbaru dalam podcasting adalah menciptakan tingkatan keanggotaan berbayar. Pendengar dapat membayar untuk mengakses konten eksklusif.

Cara terbaik untuk memulai ini adalah dengan membuat akun Patreon. Ini dihormati dan mudah digunakan. Anda dapat menggunakan pengaturan default mereka atau membuat sistem level dan hadiah Anda sendiri untuk donor.

3. Jual sponsor atau iklan

Sponsor adalah cara paling umum untuk memonetisasi podcast. Selain menerima donasi, ini juga yang paling mudah karena Anda tidak perlu membuat atau menjual apa pun. Anda hanya perlu membuat kesepakatan dengan sponsor.

Anda mungkin pernah mendengar podcaster memulai acaranya atau menyela dengan sesuatu seperti “Episode ini dipersembahkan oleh [beberapa perusahaan]. Jika Anda sedang mencari… ”Anda mengerti. Itu adalah sponsor.

Sponsor membayar lebih tergantung pada seberapa banyak orang yang mendengarkan acara Anda. Karena jumlah orang yang mendengarkan meningkat, pendapatan Anda juga akan meningkat. Tetapi itu juga berarti ini adalah cara yang sulit untuk menghasilkan uang jika Anda tidak memiliki banyak pendengar.

Berikut beberapa tempat untuk menemukan penawaran sponsor:

4. Bergabunglah dengan jaringan periklanan

Jaringan periklanan seperti AdvertiseCast, Midroll, Podcorn, dan PodGrid bertindak sebagai perantara antara host dan sponsor.

Saat Anda melamar ke setiap platform, mereka akan mengambil potongan dari penempatan iklan yang termasuk dalam pertunjukan Anda jadi pastikan untuk membaca cetakan kecilnya.

Biasanya, bagi hasil mengikuti model BPS di mana Anda dibayar untuk setiap 1.000 tayangan yang ditayangkan ke unit iklan.

Bingung? Inilah inti dari matematika. AdvertiseCast memiliki model bagi hasil 70/30 di mana host podcast mengambil 70% dari pendapatan yang diperoleh dan mereka mengambil 30%.

Jika podcast memiliki antara 1.000-2.499 pendengar per episode, unit iklan 30 detik memiliki CPM $ 23. Setelah 2.000 orang mendengarkan, sponsor membayar $ 46. Itu $ 23 * 2 karena sponsor dikenai biaya per 1.000 pendengaran. Pada akhirnya, host podcast akan membawa pulang $ 32,20 dan AdvertiseCast mendapatkan $ 13,80.

Bergantung pada jangkauan Anda, penting untuk memperkirakan apa yang mungkin Anda peroleh dari jaringan periklanan. AdvertiseCast memiliki kalkulator harga yang memperkirakan total biaya unit iklan yang ditempatkan di acara Anda. Ingat saja, Anda hanya akan membawa pulang 70% dari total.

5. Jual episode premium

Karena Anda tahu audiens suka mendengarkan podcast Anda, ada kemungkinan besar beberapa dari mereka akan membayar untuk versi premium konten Anda. Yang harus Anda lakukan adalah membuat beberapa rekaman khusus yang hanya tersedia untuk dibeli.

Anda mungkin menjual:

  • Tanya Jawab dengan tamu istimewa
  • Akses awal ke episode yang akan gratis suatu hari nanti
  • Episode bebas iklan
  • Episode streaming langsung

The Daily Wire mengambil pendekatan unik untuk konten premium. Dengan $ 10 / bulan, pelanggan dapat mengakses versi video dari episode podcast mereka.

Cara mudah untuk membuat konten premium adalah dengan merekamnya saat Anda merekam konten gratis. Misalkan Anda mengundang tamu di acara Anda. Rekam diskusi 30 menit, lalu tambahan 10 menit untuk menjual sebagai bonus. Pastikan 10 menit tambahan termasuk sesuatu yang menarik yang ingin dibeli orang.

Peringatan di sini: Pastikan barang gratis Anda masih memiliki banyak value. Anda tentu tidak ingin pendengar menganggap Anda menyembunyikan semua konten bagus di konten berbayar atau mereka tidak akan mengganggu.

6. Gerbang katalog belakang Anda

Jika Anda memulai podcast sudah lama, dan telah membuat katalog belakang episode, coba strategi ini.

Alih-alih membuat konten premium baru, Anda dapat membatasi akses ke episode lama Anda. Artinya, Anda akan menambahkan paywall agar pengguna dapat mendengarkan materi lama.

Sejarah Hardcore Dan Carlin adalah contoh yang bagus. Episode terbarunya gratis untuk diunduh, tetapi barang lamanya berharga $ 1,99 di situs webnya.

7. Jual konten yang digunakan kembali (repurposed content)

Cara hebat untuk membuat konten yang dapat dijual adalah dengan menggunakan kembali hal-hal yang telah Anda buat. Ini mengurangi waktu yang Anda habiskan untuk membuat sesuatu yang serupa.

Ambil beberapa episode podcast terbaik Anda yang berhubungan dengan topik serupa. Transkripsikan sendiri atau gunakan layanan transkripsi otomatis Castos langsung dari dasbor Anda. Kemudian edit transkripsi, tambahkan lebih banyak nilai dan sumber daya jika Anda bisa, dan kemas bersama menjadi sebuah buku.

Jika strategi untuk memonetisasi podcast ini menarik bagi pendengar Anda, investasikan sedikit uang untuk desain profesional. Kemudian Anda dapat memasukkannya ke dalam format yang sesuai untuk Amazon. Menjual buku di Amazon jauh lebih efektif daripada mencoba menjualnya melalui situs web Anda sendiri.

Selanjutnya, pasarkan buku baru Anda di podcast Anda. Tunjukkan bahwa ini adalah cara komprehensif untuk mempelajari semua yang telah Anda ajarkan.

8. Sindikasikan acara Anda ke YouTube

Cara mudah untuk mendapatkan uang dari apa yang telah Anda buat adalah dengan memublikasikan podcast Anda ke YouTube sebagai video. Ini yang dilakukan para pesohor di Indonesia.

Mempublikasikan video podcast (vodcast) di Youtube adalah proses yang cepat. Yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkan monetisasi di pengaturan akun Anda dan Google akan menangani iklan dan mendistribusikan uang Anda.

Anda tidak perlu melakukan banyak pengeditan video. Cukup tambahkan satu gambar ke rekaman episode Anda. Juga pikirkan tentang praktik terbaik SEO YouTube untuk menampilkan video Anda di lebih banyak hasil penelusuran.

Berapa banyak yang bisa Anda hasilkan di YouTube? Ini bergantung pada sejumlah faktor, seperti jumlah tontonan video, berapa lama orang menonton, apakah mereka melewati iklan Anda, dan apakah mereka mengeklik iklan Anda. Secara umum, Anda dapat menghasilkan antara $ 0,50 dan $ 2,00 per tampilan.

Alih-alih hanya mengunggah seluruh rekaman Anda, pecahkan menjadi beberapa bagian yang dapat dikonsumsi yang berlangsung selama tiga hingga lima menit.

Misalnya, Anda dapat membagi beberapa pertanyaan menarik dari wawancara Anda. Meskipun semuanya berasal dari rekaman yang sama, Anda akan mendapatkan lebih banyak konten video. Lalu berikan judul menarik yang membuat orang ingin mengkliknya.

monetisasi podcast

Cara Memonetisasi Podcast Secara Tidak Langsung

Berikut adalah lebih banyak cara untuk menghasilkan uang dari podcast Anda. Lihat beberapa teknik berikut untuk memonetisasi podcast secara tidak langsung.

1. Jual produk fisik

Saat penonton menyukai podcast, mereka mungkin membeli merchandise yang menunjukkan pertunjukan. Anda dapat menjual kaus, mug, stiker, atau apa pun yang memungkinkan penonton Anda terhubung dengan acara di luar mendengarkan episode terbaru.

Pamerkan nama podcast, frasa yang diulang-ulang, atau lelucon orang dalam di merchandise. Ajakan bertindak Anda dapat menggambarkan saat pendengar melewati orang asing di jalan dan menyadari bahwa mereka mengenakan kaos dari acara favorit mereka. Seketika sebuah ikatan terbentuk dari kecintaan mereka pada pertunjukan Anda.

2. Berbicara di depan umum

Berbicara di depan umum (public speaking) sebenarnya adalah transisi sederhana untuk banyak host podcast. Jika Anda merasa nyaman menjadi pembicara di acara Anda, Anda mungkin akan berhasil di depan banyak orang.

Memang, berdiri di depan sekelompok orang adalah tantangan yang unik, tetapi tidak terlalu menjadi masalah jika Anda sudah tahu cara membuat naskah.

Berapa banyak yang dapat Anda hasilkan dari biaya berbicara sangat bervariasi. Beberapa pembicara mendapat gaji kecil dan biaya perjalanan. Pembicara lain membuat enam angka atau lebih.

Bagaimana Anda bisa berbicara di depan umum?

  • Temukan grup lokal yang bertemu untuk mendiskusikan ceruk atau industri Anda. Cobalah Meetup, grup Facebook, atau bahkan koran lokal Anda sebagai sumber yang menyelenggarakan acara tersebut.
  • Hubungi mereka dan tawarkan untuk mempresentasikan topik, tetapi terbuka untuk ide mereka. Beri tahu mereka bahwa Anda bermaksud menutup podcast Anda.
  • Siapkan presentasi dengan visual dan buat garis besar naskah.

Anda harus memulai dari yang kecil pada awalnya. Jangan berharap untuk memenuhi stadion – atau bahkan auditorium.

Pertunjukan pidato pertama Anda akan dihadiri 5-8 orang, tapi tidak apa-apa. Gunakan pertunjukan itu untuk mengasah keterampilan presentasi Anda dan membangun hubungan.

3. Jual slot mastermind

Grup mastermind adalah cara unik untuk memonetisasi podcast karena Anda mendapatkan lebih banyak nilai darinya daripada hanya uang.

Mastermind adalah sekelompok kecil orang yang berdedikasi untuk mendukung satu sama lain menuju tujuan bersama. Mereka menawarkan pendidikan, curah pendapat, dan akuntabilitas untuk membantu Anda tetap pada jalur dengan apa pun yang Anda coba pelajari atau capai.

Dalam grup mastermind, Anda juga menjadi anggota, yang berarti Anda harus membatasinya untuk sekelompok kecil orang yang juga dapat memberi nilai tambah pada bisnis Anda. Anda tidak boleh menjadi guru, tetapi Anda tetap dapat meminta bayaran untuk slot karena Andalah penyelenggara.

Namun, tantangan para dalang adalah bahwa anggota mengharapkan nilai. Mereka juga melakukan banyak pekerjaan, jadi mereka tidak akan puas jika Anda atau siapa pun yang menjadi dalang menghilang selama satu atau dua minggu. Jika Anda memilih cara ini untuk mempromosikan podcast Anda, Anda harus berkomitmen padanya.

Anda dapat bertemu langsung jika anggota Anda dekat, tetapi dalang bekerja dengan baik secara online juga. Kami merekomendasikan menggunakan grup pribadi, seperti grup Facebook atau ruang kerja Slack.

4. Jual akses ke e-course

Jika podcast Anda mendidik atau bertujuan untuk mengajarkan keterampilan baru kepada pendengar, membuat kursus online mandiri adalah cara sempurna untuk menghasilkan uang.

Untuk membuat kursus, Anda dapat melakukannya di situs web Anda sendiri atau menghostingnya di platform pihak ketiga, seperti Udemy, Coursera, atau Skillshare.

Jika menurut Anda kursus adalah cara yang tepat bagi Anda untuk memonetisasi podcast, sebaiknya buat kursus pertama Anda di salah satu platform pihak ketiga tersebut.

Ya, Anda akan membayar sejumlah biaya untuk setiap orang yang mengikuti kursus, tetapi Anda tidak perlu membangun sistem fungsional di situs web Anda sendiri. Jika kursus ternyata menghasilkan uang bagi Anda, bawalah semuanya sendiri.

5. Jual peningkatan konten

Cara cerdas untuk memonetisasi podcast adalah dengan menyertakan sumber daya yang dapat diunduh dengan setiap episode podcast yang terkait dengan episode itu. Ini disebut peningkatan konten karena ini meningkatkan atau menyempurnakan pengalaman pendengar.

Misalnya, Anda menyelenggarakan podcast memancing. Dalam satu episode, Anda berbicara tentang memancing ikan trout.

Di akhir episode, Anda memberi tahu penggemar untuk mengunjungi situs web Anda dan membeli peta 99 ¢ tempat memancing ikan trout terbaik di AS.

Untuk menjual peningkatan konten, Anda harus menempatkan formulir pembayaran di situs Anda di suatu tempat agar pendengar dapat membayar dan mengunduh formulir tersebut. Tempat terbaik untuk ini adalah halaman tempat Anda mempublikasikan tautan unduhan podcast dan / atau pemutar audio Anda.

Dan jika Anda menjual peningkatan konten untuk memonetisasi podcast, Anda juga dapat menambahkan keranjang belanja e-niaga ke situs Anda sehingga Anda dapat mencantumkan peningkatan konten Anda satu per satu. Dengan cara ini orang-orang dapat menelusuri peningkatan Anda sebelumnya di satu tempat, daripada memilah-milah setiap pos.

6. Menjual produk informasi

Produk informasi adalah jenis konten yang dibeli orang untuk mempelajari hal-hal baru. Bisa apa saja: Template, sumber daya, panduan, e-book, lembar kerja, dll.

Tidak seperti peningkatan konten, produk informasi umum tidak harus terkait dengan episode tertentu, tetapi akan menyelesaikan masalah atau masalah yang lebih luas. wajah pendengar.

Manfaat terbesar dari menjual produk informasi melalui podcast Anda adalah Anda dapat memasukkannya sesering yang Anda suka di skrip podcast Anda untuk mencegah penjualan jatuh datar. Anda juga dapat mencari pertanyaan atau komentar dari pendengar Anda dan menjawabnya di acara Anda, yang menambah nilai lebih pada pembelian mereka.

7. Jual aplikasi

Jika Anda sangat menyadari tantangan dan masalah pendengar, Anda dapat memonetisasi podcast dengan merancang aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jika Anda menyelenggarakan podcast parenting, Anda mungkin menjual aplikasi kalender yang dirancang khusus untuk orang tua. Jika Anda menyelenggarakan podcast astronomi, Anda mungkin menjual aplikasi pencari bintang.

Atau, Anda dapat menjual aplikasi bermerek sederhana yang membantu orang berinteraksi dengan Anda dan konten Anda dengan lebih baik. Ini bisa memiliki episode podcast, konten blog, pembaruan, jadwal Anda, dan mungkin cara untuk berbicara dengan Anda secara langsung.

Pengembangan aplikasi bisa mahal jika Anda tidak tahu cara melakukannya sendiri. Pastikan Anda mendapatkan banyak informasi dari pengembang sebelum Anda memulai sehingga Anda tidak menghabiskan terlalu banyak uang atau berakhir dengan produk setengah jadi yang tidak mampu Anda beli.

8. Selenggarakan acara

Jika Anda memiliki pengikut lokal atau penonton setia yang tidak keberatan bepergian untuk melihat Anda, jual tiket untuk acara langsung

Jenis acara yang Anda selenggarakan akan bergantung pada audiens dan topik podcast Anda. Anda dapat memberikan ceramah, menjalankan lokakarya, mengajarkan keterampilan, atau sekadar mengadakan diskusi kelompok.

Agar adil, ini adalah cara yang menantang untuk memonetisasi podcast. Kami merekomendasikan untuk mempertahankan taktik ini sampai Anda memiliki pengikut setia. Acara tidak membutuhkan ribuan peserta untuk menghasilkan keuntungan, tetapi Anda membutuhkan beberapa orang untuk hadir.

Jika Anda mempertimbangkan untuk bepergian ke kota-kota baru untuk menyelenggarakan acara, analisis lokasi pendengar Anda pertama kali. Buka dasbor analitik host podcast Anda dan lihat laporan geografisnya. Seorang no-brainer mengadakan acara di kota-kota di mana Anda sudah memiliki pengikut.

9. Jual jasa konsultasi atau pembinaan

Manfaat terbesar dari hosting podcast adalah Anda menetapkan diri Anda sebagai otoritas di ceruk. Audiens Anda datang untuk menghormati Anda sebagai ahli informasi. Jadi cara terbaik untuk memonetisasi podcast adalah menawarkan layanan yang sesuai dengan topik Anda.

Misalnya, podcast produktivitas dan kebugaran mungkin menawarkan pelatihan kehidupan pribadi. Podcast pemasaran mungkin menjual strategi pemasaran yang dipersonalisasi.

Memulai di sini cukup mudah. Anda hanya perlu halaman arahan di situs web Anda dengan formulir atau widget bagi orang-orang untuk mendaftar sesi pelatihan dengan Anda.

Apa itu sesi pembinaan? Bisa apa saja yang Anda suka. Ini mungkin sesederhana panggilan telepon atau obrolan Skype, atau serumit kunjungan langsung di lokasi klien. Kumpulkan jenis layanan apa pun yang tepat untuk pelanggan Anda.

10. Jual produk afiliasi

Beberapa perusahaan memiliki program afiliasi terbuka yang dapat Anda manfaatkan. Anda tidak perlu mengatur kesepakatan atau mendapatkan persetujuan. Anda cukup mendaftar dan memberi tahu mereka ke mana harus mengirim pembayaran Anda. Anda dibayar setiap kali seseorang mendaftar dengan tautan Anda.

Alih-alih membuat produk Anda sendiri untuk dijual, Anda dapat menjual produk orang lain untuk mendapatkan potongan dari penjualan mereka. Ada dua metode untuk melakukan ini.

Cara pertama adalah dengan mempromosikan produknya sendiri. Misalnya, program mitra Audible umum di antara podcaster. Mereka memberi Anda tautan gratis untuk dipromosikan. Anda mendapatkan $ 15 setiap kali seseorang mendaftar untuk uji coba gratis menggunakan tautan Anda.

Metode kedua adalah meminta pemilik produk datang ke acara Anda untuk mendorong produk mereka sendiri. Manfaatnya di sini adalah pemilik produk lebih tahu cara menjual produknya sendiri daripada Anda, sehingga dia dapat mengatakan hal yang benar untuk mendorong lebih banyak penjualan.

Anda masih memerlukan URL khusus untuk melacak penjualan. Kami merekomendasikan sesuatu seperti yourdomain.com/product-name. Siapkan URL dengan pengalihan sehingga Anda dapat melihat dengan tepat berapa banyak orang yang mengikutinya. Pastikan untuk menetapkan komisi yang masuk akal sebelumnya.

Pastikan untuk mengungkapkan hubungan afiliasi apa pun. Jika tidak, pendengar Anda mungkin merasa tertipu.

11. Hasilkan prospek bisnis

Banyak bisnis memulai podcast untuk mendukung inisiatif yang lebih besar. Bahkan di tahun 2018 lalu, Fast Company menemukan “podcast bermerek adalah iklan yang sebenarnya ingin didengarkan orang”.

Jika Anda menyelenggarakan podcast yang melengkapi perusahaan Anda, Anda berada di posisi yang tepat untuk menghasilkan prospek yang sangat berkualitas.

Misalnya, Anda memiliki perusahaan akuntansi dan baru-baru ini memulai podcast yang mendidik orang tentang cara melakukan pajak mereka.

Meskipun Anda memberikan nasihat gratis di acara itu, Anda juga menghargai nilai perusahaan Anda dalam melakukan pajak rakyat untuk mereka. Ketika April tiba, siapa perusahaan pertama yang akan dipikirkan pendengar Anda untuk menangani pengembalian pajak yang rumit? Milikmu.

12. Mulai jaringan podcast

Beberapa pembawa acara (host/podcaster) suka menjadi bagian dari jaringan podcast sementara yang lain menikmati kebebasan mereka. Tapi satu keuntungan dari jaringan adalah daya tawar.

Daya tawar adalah pengaruh relatif yang dimiliki seseorang atas orang lain. Ketika masing-masing pihak memiliki daya tawar yang relatif sama, masing-masing memiliki pijakan yang sama di dalam negosiasi.

Dengan membangun jaringan podcast, Anda memposisikan podcast Anda dan lainnya agar memiliki kekuatan yang lebih setara dengan sponsor yang ingin Anda tarik.

Memulai jaringan podcast dapat mengambil berbagai bentuk dan berupa struktur kontrak formal atau sesuatu yang lebih DIY. Bekerjasama dengan acara pelengkap di ceruk Anda di mana Anda memiliki beberapa tumpang tindih atau membangun jaringan yang penuh dengan acara yang tidak terkait untuk mencapai banyak ceruk.

Dalam situasi apa pun, menggabungkan jangkauan dan pengaruh setiap podcast dalam jaringan memungkinkan Anda untuk melakukan penawaran sponsor yang lebih menguntungkan.

Anda juga memiliki lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan perhatian pengiklan yang lebih besar dengan anggaran yang lebih besar karena Anda telah meningkatkan daya tawar Anda.

Siap membangun jaringan? Mulailah bergabung dengan Grup Facebook Podcaster Indonesia!

Kesimpulan

Ada banyak metode untuk memonetisasi podcast. Tidak ada satu jalan atau satu cara yang benar untuk melakukannya.

Triknya, bagaimanapun, adalah memonetisasi podcast Anda dengan cara yang tidak mengecewakan pendengar Anda.

Dengan teknik monetisasi, mereka tidak menganggapnya mengganggu. Dalam banyak kasus, itu berarti menggunakan sedikit dari beberapa teknik, daripada memaksakan satu metode terlalu keras.

Tapi, haruskah memulai podcast untuk menghasilkan uang?

Jawabannya: Tidak!

Saat pendapatan podcast sedang meningkat, memulai podcast hanya untuk menghasilkan uang tidak disarankan.

Landasan cara menghasilkan uang saat podcasting adalah memiliki audiens yang setia. Pemirsa setia mengikuti pembawa acara yang bersemangat dengan topik mereka. Jika satu-satunya tujuan podcast adalah untuk mendapatkan uang, akan ada kurangnya antusiasme yang jelas dan pada gilirannya, tidak ada penggemar yang bersemangat yang menonton setiap minggu.

Mulailah podcast karena Anda ingin membagikan suara unik Anda kepada dunia, bukan karena Anda ingin menghasilkan uang dengan cepat.

Jika Anda belum memulai podcast, pastikan untuk mempertimbangkan bagaimana topik, gaya, format, dan konten acara akan cocok untuk strategi monetisasi di masa mendatang.

Jika Anda berencana untuk berbicara tentang subjek sensitif atau topik hangat diperdebatkan, ketahuilah bahwa Anda mungkin mengasingkan kumpulan sponsor tertentu.

Tapi jangan takut, pendapatan iklan podcast diharapkan mencapai $ 863 juta pada tahun 2020. Akan ada sponsor di luar sana yang ingin berbicara dengan audiens khusus Anda, dan itu hanya satu cara monetisasi untuk dipertimbangkan!

Setelah Anda mulai memublikasikan podcast, kami sarankan untuk mengeluarkan 10 hingga 12 episode terlebih dahulu untuk membangun audiens.*

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here