Home Bahasa Perbedaan Fakta dan Data

Perbedaan Fakta dan Data

21

pengertian makna kata bahasa

Apa perbedaan fakta dan data? Ringkasnya, perbedaan fakta dan data adalah fakta itu bagian dari data. Jadi, pengertian data lebih luas dari pengertian fakta.

Dalam konteks jurnalistik, fakta dan data disajikan wartawan dalam berita di media massa.

Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin, yang berarti “sesuatu yang diberikan”.

Dalam keilmuan (ilmiah), fakta dikumpulkan untuk menjadi data. Data kemudian diolah sehingga dapat diutarakan secara jelas dan tepat sehingga dapat dimengerti oleh orang lain.

Data adalah fakta berupa angka, karakter, simbol, gambar, tanda-tanda, isyarat, tulisan, suara, bunyi, dan sebagainya yang merepresentasikan keadaan sebenarnya.

Pengertian Fakta

Secara bahasa, pengertian fakta adalah hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi (KBBI Daring).

Definisi fakta dalam bahasa Inggris oleh Oxford Dictionaries: Fakta adalah hal yang diketahui atau terbukti benar.

Fakta (bahasa Latin: factus) adalah segala sesuatu yang tertangkap oleh indera manusia atau keadaan nyata yang terbukti dan telah menjadi suatu kenyataan. Catatan atas pengumpulan fakta disebut data.

Fakta (fact) adalah suatu realitas (kenyataan) yang ada di suatu tempat dan dalam waktu tertentu.

Fakta merupakan sesuatu yang berupa kejadian atau kenyataan yang benar-benar terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya.

Dalam jurnalistik, opini atau pendapat juga termasuk fakta, yaitu “fakta dalam gagasan” (fact in idea). Karenanya, pernyataan atau ucapan seseorang juga menjadi sumber berita, utamanya berita opini (opinion news).

Opini adalah sebuah ide, pikiran, gagasan, dan pendapat yang muncul dari seseorang dan biasanya bersifat subjektif serta belum bisa dipastikan kebenarannya.

fakta vs data

 

 

Pengertian Data

Secara bahasa, pengertian data adalah keterangan yang benar dan nyata; keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan); informasi dalam bentuk yang dapat diproses oleh komputer, seperti representasi digital dari teks, angka, gambar grafis, atau suara (KBBI Daring).

Data adalah fakta berupa angka, karakter, simbol, gambar, tanda-tanda, isyarat, tulisan, suara, bunyi, dan sebagainya yang merepresentasikan keadaan sebenarnya.

Dalam bahasa Inggris, data adalah kata plural dari datum. Dalam kamus bahasa Inggris, datum sama dengan data: “data, fakta, bahan-bahan keterangan.”

Jadi, pada dasarnya data merupakan sekumpulan informasi atau keterangan dari suatu hal yang diperoleh dengan melalui pengamatan atau pencarian.

Pengertian data juga berbeda dengan informasi. Menurut Yourdictionary, istilah data secara sederhana didefinisikan sebagai “fakta dan angka”.

Setiap bagian data adalah fakta kecil yang tidak berarti banyak. Kata data dapat digunakan untuk fakta tunggal atau kumpulan fakta. Istlah data berasal dari kata Latin datum, yang berarti “sesuatu yang diberikan”.

Informasi didefinisikan sebagai “berita atau pengetahuan yang diterima atau diberikan”. Informasi dihasilkan ketika Anda memproses, menafsirkan, dan mengorganisir fakta.

Kata informasi tersebut berasal dari kata Latin nfōrmātiō, yang berarti “pembentukan atau konsepsi.”

Jadi, data adalah kumpulan fakta. Informasi adalah bagaimana Anda memahami fakta-fakta itu dalam konteks. Data umumnya mencakup bentuk mentah angka, pernyataan, dan karakter.

Perbedaan Fakta dan Data

Jadi, apa perbedaan fakta dan data? Sebagaimana dikemukakan di awal postingan ini, fakta merupakan bagian dari data.

Pengertian data lebih luas dari fakta. Data adalah sekumpulan fakta.

Dalam jurnalistik, fakta itu suci (fact is sacre). Fakta tidak boleh dimanipulasi atau dicampu opini wartawan yang menulis berita. Fakta adalah kebenaran (the truth) dalam konteks berita jurnalistik.

Fakta dan data juga merupakan elemen penting dalam karya ilmiah. Wasalam.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here