Home Public Speaking Jenis-Jenis Pembawa Acara, MC Hingga Moderator

Jenis-Jenis Pembawa Acara, MC Hingga Moderator

293

Jenis-Jenis Pembawa Acara, MC Hingga Moderator

Pembawa acara identik dengan emsi (Master of ceremony/MC), tapi tidak semua pewara disebut MC. Masing-masing acara memiliki sebutan sendiri bagi pembawa acaranya. Berikut ini jenis-jenis pembawa acara.

Pembawa acara, PA, atau pewara adalah orang yang memandu sebuah acara dalam upacara, pertemuan, dan sebagainya.

Disebut juga pranatacara, pewara bertugas memandu, menyukseskan, dan memeriahkan sebuah acara, seperti seminar, dikusi, peringatan, dan perayaan.

Jenis-Jenis Pembawa Acara

Berikut ini jenis-jenis pembawa acara yang memerlukan keterampilan komunikasi khususnya Public Speaking.

1. Master of Ceremony (MC)

Disingkat MC dan dibaca “emsi” (Inggris: emcee), master of ceremony secara bahasa artinya “penguasa acara” karena ia memandu jalannya acara off air, seperi konser musik, lomba, peringatan, perayaan, dll.

Disebut acara off air karena untuk acara on air merujuk pada pembawa acara radio dan televisi yang disebut penyiar dan presenter –dua profesi di media penyiaran yang umumnya “otomatis” mahir menjadi MC atau membawakan acara off air.

teknik mc

Sebagai “penguasa acara”, seorang MC harus menguasai detail acara atau seluruh alur acara, dari awal hingga akhir, sehingga tidak terus-menerus melihat teks susunan acara.

2. Pembawa Acara (PA)

Pembawa acara –disngkat PA dan pewara– adalah sebutan umum bagi pemandu acara apa pun.

PA juga merupakan istilah formal dalam peraturan keprotokolan di Indonesia dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan.

UU Keprotokolan menyebutkan:

  • Keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi Tata Tempat, Tata Upacara, dan Tata Penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat.
  • Acara Kenegaraan adalah acara yang diatur dan dilaksanakan oleh panitia negara secara terpusat, dihadiri oleh Presiden dan/atau Wakil Presiden, serta Pejabat Negara dan undangan lain.
  • Acara Resmi adalah acara yang diatur dan dilaksanakan oleh pemerintah atau lembaga negara dalam melaksanakan tugas dan fungsi tertentu dan dihadiri oleh Pejabat Negara dan/atau Pejabat Pemerintahan serta undangan lain.
Bara Juga:  Tips Public Speaking: Sampaikan Pidato Singkat Saja!

Jadi, jenis pembawa cara yang disebut Pembawa Acara ini adalah orang yang memandu jalannya acara resmi, formal, seremonial, misalnya pelantikan, juga acara wisuda, dan acara kenegaraan.

Pembawa acara dalam UU Keprotokolan termasuk kelengkapan upacara yang meliputi inspektur upacara, komandan upacara, perwira upacara, peserta upacara, pembawa naskah, pembaca naskah, dan pembawa acara.

3. Host

Secara bahasa, host artinya tuan rumah. Istilah host adalah sebutan bagi orang yang menjadi pembawa acara talkshow, pembawa acara radio (penyiar) dan televisi (presenter), dan podcast.

Jadi, host ini bisa dibilang sebutan bagi pembawa acara di media radio, televisi, dan podcast.

4. Penyiar

Penyiar adalah orang yang membawakan acara di radio atau pembawa acara radio.

Dalam bahasa Inggris, penyiar banyak sebutannya, mulai dari announcer, radio announcer, radio host, radio personality, radio presenter, hingga radio DJ (Disk Jockey).

5. Announcer

Announcer orang yang bertugas mengumumkan (to announce) beragam informasi di sebuah “audio land” supermarket, pameran, bazar, atau pemandu di arena balapan.

Orang yang mengumumkan petinju atau pegulat yang akan bertarung juga disebut announcer.

Di masjid, tiap hari Jumat, sebelum pelaksanaan khotbah dan shalat Jumat, biasanya juga ada announcer yang mengumumkan nama khotib, kegiatan masjid, dan laporan kekuasan.

6. Presenter

Presenter adalah sebutan bagi pembawa acara atau orang yang membawakan acara televisi.

Di Indonesia, presenter identik dengan penyiar televisi (TV Presenter). Penyiar radio juga disebut presenter, yaitu radio presenter.

Khusus acara olahraga, misalnya siaran langsung sepakbola, ada lagi istilahnya, yaitu sportcaster –dari “sport” dan “broadcaster”.

7. Moderator

Moderator adalah orang yang memimpin, mengatur, dan memandu jalannya diskusi, dialog, debat, seminar, workshop, atau lokakarya.

Bara Juga:  Cara Jadi MC: Teknik Dasar Menjadi Pembawa Acara

Dalam acara diskusi atau seminar, biasanya ada dua jenis pembawa acara, yaitu MC dan moderator. Jika diskusi selesai, maka moderator mengembalikan acara kepada MC.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), moderator memiliki beberapa arti, yaitu :

  • Orang yang mempunyai tugas sebagai penengah (wasit, hakim, dan sebagainya)
  • Pemimpin sidang (diskusi, rapat, musyawarah) yang menjadi penengah pada acara pendiskusian atau pembicaraan masalah.

Demikian jenis-jenis pembawa acara. Seorang pewara harus terampil berkomunikasi, khususnya komunikasi public speaking.

Berikut ini buku Teknik Pembawa Acara yang bisa diorder di Penerbit Nuansa.

Kiat Memandu Acara Teknik MC dan Moderator
Buku Kiat Memandu Acara Teknik MC dan Moderator

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here