Home Artikel Pengertian Podcast dan Contohnya

Pengertian Podcast dan Contohnya

303

sejarah podcast

Apa sebenarnya pengertian podcast? Banyak orang membuat podcast lalu divideokan dan ditayangkan di Youtube. Jadilah vodcast atau video podcasting aka vlogging.

Akibatnya, ada salah paham atau “salah pengertian” tentang podcast. Dikiranya, podcast itu sama dengan video atau podcast itu berupa video

Podcast itu audio, suara, tepatnya suara manusia (human voices).

Asal Kata Podcast

Secara asal-usul kata (etimologi), istilah podcast itu singkatan dari “iPod” dan “Broadcast”.

  • iPod adalah rangkaian pemutar media portabel dan perangkat seluler serbaguna yang telah dihentikan produksinya, dirancang dan dipasarkan oleh Apple Inc.
  • Broadcast adalah siaran (radio/televisi).

Jadi, awalnya, podcast adalah audio berupa rekaman siaran yang bisa didengarkan di perangkat iPod.

Pod dalam podcast juga diartikan sebagai singkatan daridari “Playable on Demand” yang artinya dapat dimainkan, diputar, dan didengarkan sesuai permintaan.

Jadi, podcast itu secara bahasa artinya siaran yang dapat didengarkan semaunya pendengar. Kita bisa pilih topik dan filenya sesuka hati.

Penggunaan paling awal dari “podcasting” ditelusuri ke kolumnis The Guardian dan wartawan BBC Ben Hammersley. Ia menciptakan istilah podcat pada awal Februari 2004 saat menulis artikel untuk surat kabar The Guardian.

Dalam bahasa Indonesia, podcast disebut siniar. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), siniar adalah “siaran (berita, musik, dan sebagainya) yang dibuat dalam format digital (baik audio maupun video) yang diunduh melalui internet”.

Berbagai referensi berikut ini menunjukkan pengertian Podcast adalah rekaman audio (suara) layaknya rekaman siaran radio. Orang yang membuat podcast disebut podcaster.

Bedanya dengan siaran radio, podcast berupa file audio yang bisa diunduh dan didengarkan kapan saja. Diulang-ulang juga bisa.

Pengantar Podcast

Pengertian Podcast

Berikut ini pengertian podcast yang menunjukkan podcast adalah rekaman audio, yaitu rekaman suara manusia seperti sedang siaran radio.

  1. podcasthero.com
Bara Juga:  Pengertian Komunikasi Non-Verbal dan Fungsinya

Kata podcast adalah neologisme dan portmanteau yang berasal dari “broadcast” (siaran) dan “pod” dari keberhasilan iPod, karena podcast audio sering didengarkan secara onportable.

The word podcast is a neologism and portmanteau derived from “broadcast” and “pod” from the success of the iPod, as audio podcasts are often listened to onportable .

  1. Merriam-Webster

Definisi podcast adalah – program (seperti musik atau pembicaraan) yang tersedia dalam format digital untuk pengunduhan otomatis melalui Internet.

Podcast definition is – a program (as of music or talk) made available in digital format for automatic download over the Internet.

  1. Cambridge Dictionary

Podcast adalah program radio yang disimpan dalam bentuk digital yang dapat Anda unduh dari internet dan bermain di komputer atau di pemutar MP3.

Podcasting adalah proses pembuatan rekaman digital dari program radio yang dapat diunduh orang dari internet.

Podcast is a radio programme that is stored in a digital form that you can download from the internet and play on a computer or on an MP3 player. Podcasting is the process of making digital recordings of radio programmes that people can download from the internet.

  1. thepodcasthost.com

Apa itu podcast? Sederhananya: podcast adalah program audio, sama seperti Talk Radio, tetapi Anda berlangganannya di telepon pintar dan mendengarkannya kapan pun Anda mau.

What is a podcast? Simply put: a podcast is an audio programme, just like Talk Radio, but you subscribe to it on your smartphone and listen to it whenever you like.

  1. podcastinsights.com

Definisi kamus podcast adalah: File audio digital tersedia di Internet untuk diunduh ke komputer atau perangkat seluler.

The dictionary definition of a podcast is: A digital audio file made available on the Internet for downloading to a computer or mobile device.

Format Podcast

Secara garis besar, ada tiga format podcast:

Bara Juga:  Pengantar Podcasting

1. Monolog/Solo

Monolog adalah format podcast yang berisi seorang host/podcaster berbicara sendiri membahas suatu topik, review produk, baca puisi, baca buku, dan sebagainya.

2. Wawancara/Interviews

Wawancara adalah format podcast paling umum. Dalam format ini, podcaster atau host mengundang tamu/narasumber untuk diwawancarai.

3. Obrolan/Conversation

Podcast format obrolan dibawakan oleh dua orang atau lebih podcaster/host yang ngobrolin suatu masalah per episode.

cara membuat podcast

Contoh Podcast

Podcast dapat ditemukan di berbagai layanan aplikasi smartphone seperti Spotify, SoundCloud, Anchor, Castbox, Google Podcast, dll.

Berikut ini contoh tampilan halaman depan Google Podcast.

Google Podcast

Podcasting disebut juga “the new blogging”, yaitu ngeblog dengan konten suara (audio) –berbeda dengan blogging yang berarti ngeblog dengan konten utama berupa tulisan (artikel).

Karena hampir sama dengan siaran radio (radio broaddcasting/radio announcing), maka podcasting juga disebut “generasi baru radio” (the new generation of radio) atau –dalam istilah Steve Jobs: generasi radio berikutnya (the next generation of radio).

Demikian pengertian podcast yang kini berkembang menjadi video podcast (vodcast), yakni podcast yang “divideokan” atau video berisi podcasting.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here