Home Podcasting 7 Alat Podcast, Microphone Hingga Digital Audio Workstation

7 Alat Podcast, Microphone Hingga Digital Audio Workstation

177

Mau bikin podcast? Siapkan 7 alat podcast berikut ini agar kualitas audio podcast-nya optimal. Mulai dari microphone hingga Digital Audio Workstation (DAW).

Alat Podcast

Sebelumnya kita sudah membahas pengertian podcast dan proses atau cara pembuatan podcast. Nah, untuk membuat podcast yang bagus, selain topik yang menarik, juga perlu alat yang mumpuni.

Podcasting tools ini sebenarnya opsional. Pasalnya, untuk membuat podcast –khususnya format podcast monolog– sebenarnya menggunakan ponsel pintar (smartphone) dan/atau komputer laptop juga bisa. HP dan laptop ‘kan sudah dilengkapi microphone sebagai alat utama podcasting.

Untuk membuat podcast melalui ponsel, Anda tinggal pasang aplikasi anchor, bikin akun, dan go podcasting!

7 Alat Podcast

Berikut ini 7 alat podcast jika podcastingnya atau rekamannya dilakukan di studio atau ruangan khusus. Bisa juga ruang kerja atau bahkan kamar tidur, asalkan ada meja dan kursi.

1. Microphone

Ini senjata utama podacster. Harga microphone juga banyak yang murah, bahkan murah banget alias sangat terjangkau.

Ada yang dijuluki “microphone sejuta umat”, yaitu BM 800. Harganya di kisaran 100 ribu, bahkan banyak yang dibanderol di bawah 100 ribu. Cek aja di marketplace.

2. Tripod Microphone

Ini untuk dudukan microphone agar gak usah dipegang tangan saat rekaman. Bahkan jika podcast wawancara, mic-nya minimal ada dua dong, dan otomatis tripod atau tiang dan holdernya juga harus dua.

3. Pop Filter

Ini kelengkapan microphone. Pop filter merupakan alat sederhana yang memiliki fungsi dan peran penting sebagai alat penyaring  (filter) noise untuk microphone. Bentuknya mirip seperti saringan.

Selain pop filer, ada juga yang bentuknya busa, disebut “busa mic” yang ditutupkan ke bagian atas microphone. Fungsinya sama, untuk menghilangkan noise. Biar suara yang terekam jernih.

Bara Juga:  Pengertian Podcast dan Contohnya

4. Audio Interface

Audio interface adalah perangkat yang akan menghubungkan mikrofon ke komputer melalui sebuah mixer.

Alat ini menjadi pintu masuk dari semua input yang Anda gunakan. Ia berlaku sebagai pusat koneksi dari semua sinyal audio.

Pada dasarnya fungsi audio interface sama seperti sound card untuk recording, namun kualitas rekaman yang dihasilkan jauh lebih baik dibanding sound card onboard.

Audio interface dibutuhkan sebagai salah satu alat podcast apabila Anda menggunakan menggunakan microphone analog, dan ingin merekam suara secara langsung ke komputer.

Harga audio interface sangat bervariasi, tergantung dari merek dan spesifikasi. Beberapa audio interface dengan kisaran harga satu juta misalnya, Lexicon Alpha dan Focusrite Solo.

Alat 1-4 di atas bisa dibeli dalam satu paket. Istilahnya “micropohone full set”. Ini gambarnya di salah satu marketplace. Harganya cuma 68 ribuan! Murah pisan. Tapi hati-hati ya kalau terlalu murah.

 

Paket Podcast Murah Microphone Plus Tripod

Keterangan gambar: BM 800 Microphone Condenser, Paket Studio Recording Full Set. Produk yang didapatkan: BM 800 Microphone. Spons, Pop Filter, Microphone Holder, Microphone Suspension Arm Stand Holder Clip. XLR Female to 3. 5mm Male Mic Cable. 

4. Headphone

Ini opsional sih. Bisa pake bisa nggak. Tapi sebaiknya pakai headphone agar kita bisa kontrol suara, biar mengeluarkan suara diafragma yang, vokal terbaik, suara emas (golden voice) bak penyiar.

cara membuat podcast

6. Komputer/Laptop

Nah, hasil kerja alat-alat podcast sebelumnya nanti “ngumpul” di sini. Gak usah dijelaskan kali ya soal komputer mah. Yang jelas, harus laptop yang bagus atau mendukung podcasting.

Komputer “termurah” yang bagus untuk rekam dan edit audio podcast antara lain Asus X441M yang dirancang khusus dengan fitur unggulan audio.

Bara Juga:  Pengertian Vodcast, Versi Video dari Podcast, dan Cara Membuatnya

ASUS X441

“Notebook seri ASUS X441 dirancang untuk memberikan pengalaman multimedia yang mendalam. Didukung oleh prosesor hingga Intel® Core™ generasi ke-8, graphic card berkelas gaming NVIDIA® GeForce®, dan audio SonicMaster yang menggabungkan teknologi eksklusif ICEpower®, X441 memberikan audiovisual yang luar biasa untuk sebuah laptop,” begitu tulis Asus di laman resminya.

7. Digital Audio Workstation (DAW)

DAW adalah software untuk merekam dan mengedit audio dan/atau video. Misalnya: Adobe Audition.

“Audition adalah perangkat komprehensif yang mencakup tampilan multitrack, bentuk gelombang, dan spektral untuk membuat, mencampur, mengedit, dan memulihkan konten audio,” demikian keterangan di laman resminya.

Itu dia 7 alat podcast agar kualitas audio podcast Anda bagus, optimal. Podcast kan konten audio jadi harus jernih, jelas, bening, audible, enak didengar dah!

Contoh Podcast 

Happy Podcasting!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here