Home Komunikasi Tips Public Speaking: Sampaikan Pidato Singkat Saja!

Tips Public Speaking: Sampaikan Pidato Singkat Saja!

130

Tips Public Speaking: Cara Mengatasi GugupAudiens tidak suka pidato panjang atau lama. Maka, sampaikan pidato Anda secara ringkas hingga 15 menit saja.

Salah satu penyebab public speaker berlama-lama dalam pidato adalah ingin menyampaikan banyak hal dalam satu kesempatan. Penyebab lainnya, ingin menunjukkan bahwa ia mengetahui banyak hal dan ingin menyampaikan “semuanya”.

Berikut ini ulasan dan alasan kenapa public speaking sebaiknya ringkas saja, tidak berlama-lama, dari laman School for Champions.

Public Speaking Sebaiknya Ringkas

Meskipun beberapa pembicara merasa bahwa mereka memiliki banyak informasi untuk disampaikan, berbicara terlalu lama dapat menyebabkan audiens mengabaikan pembicara.

Faktanya, sering kali pembicara hanya memikirkan diri mereka sendiri dan bukan audiens.

Anda perlu menyadari tujuan Anda dalam berbicara, batasan waktu, dan cara efektif untuk menyenangkan audiens.

Pertanyaan yang mungkin Anda miliki meliputi:

  • Apa tujuan Anda berbicara?
  • Batasan apa yang ada dalam pidato?
  • Bagaimana Anda bisa menyenangkan penonton?

Tujuan: Menyampaikan Informasi

Tujuan Anda sebagai pembicara mungkin untuk mengomunikasikan informasi kepada audiens, untuk menginspirasi atau membujuk mereka, atau untuk menghibur audiens.

Meskipun Anda mungkin memiliki banyak informasi atau banyak cerita lucu untuk diceritakan, Anda harus sadar bahwa audiens hanya dapat mencerna sedikit informasi dalam satu waktu. Hal ini terutama berlaku pada hari-hari dengan rentang perhatian yang pendek ini.

Anda perlu menyadari audiens dan berusaha berkomunikasi secara efektif dengan mereka, sehingga mereka tidak akan kehilangan minat.

Durasi Pidato

Pertimbangkan waktu yang Anda berikan. Pembicara publik biasanya diberikan waktu yang ditentukan untuk pidato mereka.

Beberapa pembicara profesional diberikan waktu hingga 90 menit untuk mempresentasikan materinya. Misalnya materi dalam pelatihan.

Namun, mereka harus mampu menjaga perhatian penonton. Panjang pemaparan materi yang biasa adalah 20 menit.

Bara Juga:  Pengertian Internet

Pembicara non-profesional harus berbicara kurang dari 15 menit. Di klub public speaking seperti Toastmasters, waktu yang biasanya diberikan untuk pidato adalah antara tiga dan lima menit.

Anda perlu menyadari berapa banyak waktu yang diberikan kepada Anda dan kemudian mengikuti batasan itu.

Anda harus melatih pidato Anda dan waktu yang dibutuhkan sebelum mempresentasikannya ke audiens. Jika tampaknya terlalu panjang, Anda dapat memangkas sebagian materi dari pidato tersebut.

Pointers

Salah satu cara yang baik untuk melakukannya adalah dengan membagi pidato Anda menjadi tiga sampai lima poin atau bagian. Ini dapat membantu mencegah informasi yang berlebihan.

Yang terpenting, jangan menganggap berbicara sebagai kesempatan untuk menunjukkan seberapa banyak yang Anda ketahui.

Alih-alih, pikirkan audiens dan beri mereka cukup sehingga mereka ingin Anda berbicara lagi untuk memberi tahu mereka lebih banyak.

Anda perlu menyadari tujuan Anda dalam berbicara, batasan waktu, dan cara efektif untuk menyenangkan audiens. Pidato singkat lebih efektif daripada pidato panjang untuk mencapai tujuan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here