Home Bahasa Pengertian Digital

Pengertian Digital

61

Pengertian Komunikasi Digital

ERA internet saat ini disebut era digital. Teknologi internet memicu digitalisasi di semua sektor. Apa sebenarnya arti digital?

Berikut ini pengertian digital, asal-usul kata, dan contohnya. Digital tidak sama dengan internet dan online, meski internet merupakan bagian dari teknologi digital.

Dari pengertian digital secara bahasa dan istilah kita akan memahami banyak istilah yang menggunakan kata digital, seperti jurnalisme digital (jurnalistik online), media digital, pemasaran digital, humas digital, transformasi digital, platform digital, dan ekonomi digital.

Ada juga istilah layanan digital, uang digital, pembayaran digital, produk digital, talenta digital, skill digital, jejak digital, edukasi digital, ekspansi digital, siaran digital, dan TV digital.

Asal-Usul Kata Digital

Kata digital berasal dari kata digitus dalam bahasa Yunani yang berarti “jari-jemari”. Jari-jemari seseorang berjumlah sepuluh (10). Nilai 10 terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0.

Digital berasal dari kata digitus (jari), lalu digitalis, dan sejak abad 15 akhir menjadi digital. (Oxford Languages)

Jadi, kata digital berasal dari sumber yang sama dengan kata digit dan digitus (kata Latin untuk jari), karena jari sering digunakan untuk menghitung.

Menurut Investopedia, digital native adalah istilah yang diciptakan oleh Marc Prensky tahun 2001 untuk menggambarkan generasi orang yang tumbuh di era teknologi, termasuk komputer dan internet.

Sumber lain menyebutkan, kata digital dimulai pada pertengahan abad ke-17. Kata digital berevolusi dari mengacu pada angka, yaitu jari, ke angka numerik, memasuki abad ke-20 melalui radio dan teknologi perekaman ke dunia komputer tahun 1950-an.

Pengertian Digital

1. Pengertian Digital secara Bahasa

Dalam KBBI disebutkan, digital artinya “berhubungan dengan angka-angka untuk sistem perhitungan tertentu; berhubungan dengan penomoran”.

Kamus Merriam-Wesbter menyebutkan, kata digital berkaitan dengan atau menggunakan perhitungan secara langsung dengan angka daripada melalui kuantitas fisik yang terukur.

Kata digital juga berarti dari atau berkaitan dengan data berupa angka-angka angka digital citra digital penyiaran.

“Kamus Google” mengartikan digital sebagai jari, tuts, cacahan.

2. Pengertian Digital secara Istilah

Secara istilah, digital dipahami sebagai teknologi yang terkait komputer, media elektronik, dan internet.

Dalam dunia teknologi elektronik, digital menggambarkan teknologi yang menghasilkan, menyimpan, dan memproses data dalam dua kondisi: positif dan non-positif.

Modem digunakan untuk mengubah informasi digital di komputer Anda menjadi sinyal analog untuk saluran telepon Anda dan untuk mengubah sinyal telepon analog menjadi informasi digital untuk komputer Anda.

Oleh karena itu, digital merupakan penggambaran dari suatu kondisi bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau OFF dan ON (sistem bilangan biner), dapat juga disebut dengan istilah Bit (Binary Digit). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya.

Era Digital dan Media Baru

Pengertian digital jika dikaitkan dengan pemasaran, media, atau komunikasi maka merujuk pada internet.

Pemasaran digital dan media digital maksudnya pemasaran dan media online atau pemasaran dan penyebaran informasi melalui internet.

Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet.

Digital Marketing adalah sebuah proses periklanan melalui media-media digital. Misalnya website, media sosial, e-mail, dan aplikasi mobile.

Contoh media digital, website, sosial media, online store, marketplace, digital payment, aplikasi, search engine, adalah teknologi digital.

Media baru era digital adalah istilah yang di gunakan dalam kemunculan digital, jaringan internet khususnya teknologi informasi komputer. Media baru sering di gunakan untuk menggambarkan teknologi digital. Kemampuan media baru yang lebih memudahkan masyarakat dalam menerima informasi lebih cepat.

Era digital adalah masa dimana semua manusia dapat saling berkomunikasi sedemikian dekat walaupun salng berjauhan. Kita dapat dengan cepat mengetahui informasi tertentu bahkan real time.

Menurut Wikipedia, era digital bisa juga disebut dengan globalisasi. Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya yang banyak disebabkan oleh kemajuan infrastruktur telekomunikasi, transportasi dan internet.

Dikutip dari New York Times, Thomas L Friedman dalam The World is Flat membagi globalisasi kedalam 3 tahapan yaitu globalisasi 1.0, globalisasi 2.0 dan globalisasi 3.0.

Sekarang ini kita telah memasuki era globalisasi 3.0. Kehidupan  dikelilingi oleh teknologi digital. Semua manusia saling terhubung dengan adanya internet.*

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here