Home Internet Pengertian Platform Digital dan Contohnya

Pengertian Platform Digital dan Contohnya

289

Pengertian Platform Digital dan Contohnya

Pemerintah Optimalkan Platform Digital Demi Kenaikan Ekonomi UMKM. Industri Kecantikan Tumbuh Pesat Berkat Platform Digital. Sebarkan Hoaks Pemilu, Kominfo Ancam Tutup Platform Digital.

Demikian beberapa judul berita seputar platform digital yang terindeks Google News.

Apa itu platform digital? Apa bedanya dengan media digital? Berikut ini pengertian platform digital dan contohnya.

Platform digital lahir dan berkembang seiring perkembangan teknologi internet dan media-media online. Ia menjadi bagian kehidupan sehari-hari masyarakat modern yang menggunakan internet.

Platform digital bisa diakses dan digunakan di perangkat digital seperti komputer, laptop, dan handphone (HP) atau telepon seluler pintar (smartphone).

Kehadiran platform digital meluaskan fungsi HP menjadi tak sekadar untuk menelepon atau berkirim pesan.

Pengertian Platform Digital

Secara bahasa, platform artinya pentas, panggung, atau mimbar (KBBI). Dalam bahasa Inggris, platform artinya pentas atau tempat tinggi.

Kata digital saat ini memiliki arti teknologi yang terkait komputer, media elektronik, dan internet.

Pengertian praktisnya, platform adalah sarana berupa aplikasi atau website di internet, seperti platform blog Blogger untuk mengeblog dan platform Anchor untuk membuat podcast.

Per definisi, platform digital adalah infrastruktur online berbasis perangkat lunak (software) yang memfasilitasi interaksi dan transaksi antar-pengguna.

Contoh Platform Digital

Contoh platform digital antara lain Google Search, media sosial Facebook, Twitter, Amazon Web Services, Amazon Marketplace, Android, Grab, Gojek, dan Bitcoin.

Berikut ini penjelasan tentang pengertian platform digital di laman Igiglobal.

  • Platform digital merupakan sarana untuk membentuk jaringan komersial yang memfasilitasi transaksi bisnis.
  • Platform digital juga adalah alat elektronik (electronic devices) apa pun untuk komunikasi, termasuk perangkat lunak desktop, seluler, sosial, dan email yang mencakup situs web dan media sosial.
  • Platform digital mengacu pada perangkat lunak atau perangkat keras situs web yang memungkinkan interaksi penggunanya.
  • Digital Platform adalah ruang digital yang menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk berkolaborasi, berinteraksi, atau bertransaksi digital.
  • Sebuah platform digital yang disebut sebagai pasar dua sisi yang melibatkan lingkungan kelompok pemasok dan konsumen yang terlibat dalam transaksi dan pertukaran (Amit & Zott, 2011).
  • Platform digital mengacu pada infrastruktur dan aturan untuk pasar yang memungkinkan dan memudahkan interaksi antara produsen dan konsumen.
  • Kombinasi alat dan layanan digital yang menyatukan berbagai kelompok pengguna yang menciptakan nilai melalui interaksi dan transaksi di antara mereka.
  • Platform digital menggunakan teknologi canggih seperti kecerdasan buatan, komputasi awan, pembelajaran mesin, dan lainnya.
  • Setiap platform berbasis web untuk menyajikan konten (seperti Facebook, Twitter, Blog, Situs Web, dan terkadang SMS).
Bara Juga:  Pengertian Jejak Digital, Jenis-Jenis, Contoh, dan Cara Menghapusnya

Demikian pengertian platform digital dan contohnya. Intinya, platform digital terkait dengan sarana yang terkait dengan perangkat elektronik (HP/komputer) dan internet, termasuk aplikasi dan website.*

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here