Home Internet Netiket, Kode Etik Komunikasi Warga Internet

Netiket, Kode Etik Komunikasi Warga Internet

207

Ulasan tentang netiket atau kode etik komunikasi waganet ini berisi 10 aturan inti dan 10 aturan dasar netiket. Netiket adalah tata krama dalam komunikasi online di media internet.

Netiket Etika InternetNETIKET (netiquette) merupakan kode etik komunikasi online warga internet dan bagian dari literasi digital. Pengguna internet atau warga internet (warganet) tidak hanya dituntut bisa menggunakan internet di berbagai platform digital dengan benar, tapi juga harus menggunakannya dengan baik.

Kepatuhan atau pelanggaran atas netiket di atas akan menjadi cermin beradab-tidaknya seseorang di dunia maya, mukin juga sekaligus cermin moralitas dan perilakunya di dunia nyata.

Netiket mengacu pada aturan perilaku online yang dapat diterima secara sosial. Definisi netiket mencakup standar presentasi diri, norma perilaku, dan bentuk ekspresi yang diterima. Netiket yang tepat membantu warganet untuk menghindari menyinggung orang lain di jejaring sosial.

Manusia adalah makhluk sosial, dan meskipun memahami norma budaya muncul secara alami di lingkungan fisik kita, akan lebih sulit di ruang digital.

Tetapi platform perpesanan online dan kebangkitan media sosial telah menghasilkan kesepakatan implisit tentang standar komunikasi global.

Bahkan “penduduk asli digital” — mereka yang mendalami teknologi digital sejak lahir — dapat memperoleh manfaat dari kursus kilat tentang tata krama internet.

Jejak digital Anda sama nyatanya dengan jejak Anda yang sebenarnya. Dngan teknologi pelacakan online, itu dapat dilacak dengan mudah.

Netiket membantu Anda mencegah pencurian identitas dan jenis kejahatan dunia maya lainnya dengan mengamankan informasi pribadi Anda dan melindungi komunikasi Anda.

Netiket juga membantu Anda membuat janji dengan lebih lancar, mengembangkan hubungan dengan lebih efektif, dan menemukan informasi dengan lebih cepat.

Pengertian Netiket

Netiket (netiquette) adalah singkatan dari internet etiquette atau etika internet.

Netiket dapat diartikan sebagai etika etika komunikasi online di internet, sopan-santun dalam berkomunikasi di internet, adab pergaulan di dunia maya, atau kode etik warga internet (warganet).

Dalam literatur komunikasi kita mengenal etika komunikasi, yaitu kesopanan, adab bicara yang baik, mudah dipahami, dan tidak menyinggung perasaan orang lain.

Dalam bahasa “sederhana”, etika komunikasi adalah sopan-santun atau tatakrama dalam berkomunikasi atau cara berkomunikasi yang baik.

Nah, etika komunikasi ini juga berlaku di dunia maya atau saat komunikasi secara daring di internet –chating, kirim pesan, postingan di media sosial, kicauan (tweet) di twitter, menulis di blog (website), dan berkomentar di media online (situs berita) atau di status update akun media sosial orang lain.

Netiket atau etika komunikasi di internet pada dasarnya sama dengan etika berkomunikasi di “dunia nyata” atau dalam kehidupan sehari-hari, seperti jujur, menggunakan kata-kata yang baik (sopan), ramah, serta berbicara jelas dan mudah dipahami.

Bara Juga:  Pengertian Jejak Digital, Jenis-Jenis, Contoh, dan Cara Menghapusnya

Menurut seorang pakar, kepatuhan warga internet (warganet) atau internet citizen (netizen) terhadap netiket akan membuat jagat maya tentram, adem-ayem, tidak gaduh, apalagi panas.

Setiap warga internet (warganet) memiliki tanggung jawab sama, yaitu menciptakan jagat maya yang tentram dengan menjaga netiket. (ROL)

Netiket

10 Aturan Inti Netiket

Salah satu rujukan netiket atau etika komunikasi di internet adalah buku Netiquette karya Virginia Shea (Albion Books, San Francisco, 1994).

Dalam buku tersebut, Shea menyebutkan “The Core Rule of Netiquette” atau aturan inti etika internet.

Shea memberikan 10 peraturan ketika berinteraksi di dunia maya. Intinya sama dengan etika komunikasi dalam dunia nyata, seperti jangan menyakiti, jangan menyinggung perasaan, harus berbicara efektif (komunikasi efektif), dan jangan sungkan minta maaf jika keliru.

Berikut ini kutipan 10 Core Rule of Netiquette:

1. Warganet Juga Manusia

Remember the human. Jangan lupa, orang yang membaca email atau posting Anda adalah manusia juga yang punya perasaan –bisa tersinggung atau sakit hati.

Jadi, jangan menyakiti hati orang lain. Jangan kirim email atau posting yang sekiranya mempermalukan.

Saat berkomunikasi secara elektronik, baik melalui email, pesan instan, pos diskusi, teks, atau metode lain, praktikkan Aturan Emas: Lakukan kepada orang lain seperti yang Anda ingin orang lain lakukan kepada Anda.

Ingat, kata-kata tertulis Anda dibaca oleh orang sungguhan, semuanya pantas mendapatkan komunikasi yang terhormat.

Sebelum Anda menekan “kirim” atau “kirim”, tanyakan pada diri sendiri, “Apakah saya akan setuju dengan ini jika orang lain yang menulisnya?”

2. Patuhi Standar Perilaku

Patuhi standar perilaku online yang sama dengan yang Anda ikuti di kehidupan nyata.

Standar etika komunikasi internet sama saja dengan etika komunikasi di dunia nyata, seperti etis, menghargai pendapat orang lain, dan jangan dan melanggar hukum.

Meskipun dapat diperdebatkan bahwa standar perilaku mungkin berbeda di dunia maya, mereka tentu saja tidak boleh lebih rendah. Anda harus melakukan yang terbaik untuk bertindak sesuai dengan hukum dan perilaku etis masyarakat kapan pun Anda berada di “dunia maya”.

Apakah Anda akan bersikap kasar kepada seseorang secara langsung? Pada kebanyakan kesempatan, tidak. Anda juga tidak boleh berperilaku seperti ini di dunia virtual.

3. Tahu di mana Anda berada di dunia maya

Know where you are in cyberspace. Setiap situs atau forum online biasanya punya aturan main. Maka, taati aturan itu.

Baca dulu aturan sebelum gabung. “Intai dulu sebelum melompat” (Lurk before you leap). Sadari Anda ada di forum apa dan bagaimana.

Bara Juga:  Komunikasi Politik, Ringkasan Materi Kuliah

Netiket bervariasi dari domain ke domain. Tergantung di mana Anda berada di dunia maya, komunikasi tertulis yang sama dapat diterima di satu area, di mana hal itu mungkin dianggap tidak pantas di area lain.

Apa yang Anda kirimi SMS ke teman mungkin tidak sesuai dalam email ke teman sekelas atau kolega.

4. Hormati waktu dan bandwidth orang lain

Respect other people’s time and bandwidth. Posting pesan yang sesuai dengan grup diskusi. Jangan ajukan pertanyaan bodoh.

Baca dokumen FAQ (Frequently Asked Questions) atau “Yang Sering Ditanyakan” (YSD). Jangan posting hal yang sekiranya sudah diketahui anggota grup..

Jika Anda tidak setuju dengan sebuah forum online, jangan buang waktu dengan “menggugat” mereka. Tinggalkan saja!

Komunikasi elektronik membutuhkan waktu: waktu untuk membaca dan waktu untuk menanggapi.

Kebanyakan orang saat ini menjalani kehidupan yang sibuk, seperti Anda, dan tidak punya waktu untuk membaca atau menanggapi email atau posting diskusi yang tidak penting.

Sebagai komunikator dunia maya, Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa waktu yang dihabiskan untuk membaca kata-kata Anda tidak terbuang sia-sia. Jadikan komunikasi tertulis Anda bermakna dan to the point, tanpa teks asing atau grafik berlebihan atau lampiran yang mungkin membutuhkan waktu lama untuk diunduh.

5. Jadikan diri Anda terlihat bagus saat online.

Make yourself look good online. Cek grammar dan ejaan (tata bahasa) sebelum posting. Pahami yang Anda katakan dan pastikan ia masuk akal.

Salah satu hal terbaik tentang dunia maya adalah kurangnya penilaian yang terkait dengan penampilan fisik Anda, suara Anda, atau pakaian yang Anda kenakan (kecuali jika Anda memposting video diri Anda bernyanyi Karaoke dengan pakaian badut.)

Namun, Anda akan melakukannya , dinilai dari kualitas tulisan Anda, jadi perhatikan tips berikut ini:

  • Selalu periksa kesalahan ejaan dan tata bahasa
  • Ketahui apa yang Anda bicarakan dan nyatakan dengan jelas
  • Bersikaplah menyenangkan dan sopan

6. Berbagi pengetahuan ahli.

Share expert knowledge. Bagi pengetahuan dan wawasan Anda.Sedekah ilmu! Jawab pertanyaan yang ada jika Anda tahu.

Internet menawarkan banyak keuntungan bagi penggunanya; Salah satunya adalah kemudahan di mana informasi dapat dibagi atau diakses dan sebenarnya, kemampuan “berbagi informasi” ini adalah salah satu alasan mengapa Internet didirikan.

Jadi dalam semangat “bapak pendiri” Internet, bagikan apa yang Anda ketahui!

Saat Anda memposting pertanyaan dan menerima jawaban cerdas, bagikan hasilnya dengan orang lain. Apakah Anda ahli dalam sesuatu?

Posting sumber daya dan referensi tentang materi pelajaran Anda. Baru-baru ini memperluas pengetahuan Anda tentang subjek yang mungkin menarik bagi orang lain? Bagikan itu juga.

Bara Juga:  Pengertian Komunikasi Verbal dan Non-Verbal

7. Kendali diri

Kendalikan emosi Anda! Jangan posting apa pun dalam keadaan marah! Jangan posting atau kirim komentar yang bernada amarah tinggi!

Ada pepatah, sesuatu yang di mulai dengan rasa marah akan menghasilkan penyesalan. Jangan ragu minta maaf jika Anda keliru atau menginggung perasaan orang lain.

8. Hormati privasi orang lain.

Respect other people’s privacy. Hargai privasi orang. Jangan baca email, pesan, atau inboks pribadi orang lain.

Bergantung pada apa yang Anda baca di dunia maya, baik itu forum diskusi kelas online, halaman Facebook, atau email, Anda mungkin terpapar beberapa informasi pribadi atau personal yang perlu ditangani dengan hati-hati.

Mungkin seseorang berbagi berita medis tentang orang yang dicintai atau mendiskusikan situasi di tempat kerja. Menurut Anda apa yang akan terjadi jika informasi ini “masuk ke tangan yang salah?” Malu? Perasaan terluka? Kehilangan pekerjaan?

Sama seperti Anda mengharapkan orang lain untuk menghormati privasi Anda, Anda juga harus menghormati privasi orang lain. Pastikan untuk berhati-hati saat memutuskan untuk berdiskusi atau tidak membahas komunikasi virtual.

9. Jangan menyalahgunakan kekuasaan.

Don’t abuse your power. Jangan korupsi! Makin besar kekuasaan yang Anda mikiki, kian penting bagaimana menggunakannya.

Seperti halnya dalam situasi tatap muka, ada orang-orang di dunia maya yang memiliki “kekuatan” lebih dari yang lain. Mereka memiliki lebih banyak keahlian dalam teknologi atau mereka memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam keterampilan atau materi pelajaran tertentu.

Mungkin Andalah yang memiliki semua pengetahuan dan kekuatan ini! Ingat saja: mengetahui lebih dari yang orang lain lakukan atau memiliki kekuatan lebih dari yang mungkin dimiliki orang lain tidak memberi Anda hak untuk mengambil keuntungan dari siapa pun. Pikirkan Aturan 1: Ingat manusia.

10. Maafkan kesalaha orang.

Be forgiving of other people’s mistakes. Jika orang lain salah, maafkanlah.

Tidak semua orang memiliki jumlah pengalaman yang sama bekerja di dunia maya. Dan tidak semua orang tahu aturan netiket.

Pada titik tertentu, Anda akan melihat pertanyaan bodoh, membaca jawaban panjang yang tidak perlu, atau menemukan kata-kata yang salah eja; ketika ini terjadi, praktikkan kebaikan dan pemaafan seperti yang Anda harapkan akan dilakukan seseorang jika Anda melakukan pelanggaran yang sama.

Jika itu adalah “pelanggaran” kecil, Anda mungkin ingin mengabaikannya. Jika Anda merasa harus menanggapi kesalahan, lakukanlah melalui email pribadi daripada forum publik.

Demikian netiket yang menjadi kode etik warganet dalam komunikasi online atau dalam menggunakan media internet.

Halaman berikutnya: 10 Aturan Dasar Netiket

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here