Home Komunikasi Pengertian Komunikasi Online, Skill, Etika, dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Komunikasi Online, Skill, Etika, dan Jenis-Jenisnya

81

komunikasi online

INTERNET memunculkan jenis komunikasi baru, yaitu komunikasi online atau komunikasi daring (dalam jaringan). Bahasa Inggrisnya, online communication.

Disebut juga komunikasi digital dan komunikasi virtual, komunikasi online kian intens terjadi saat pandemi. Hampir semua hal serba-online, mulai dari rapat, pelatihan, seminar (webinar), hingga kirim-antar barang.

Apa dan bagaimana komunikasi online? Berikut ini pengertian komunikasi online, skill yang diperkukan, etika berupa netiket, dan jenis-jenis komunikasi online.

Pengertian Komunikasi Online

Komunikasi online adalah proses penyampaian pesan yang dilakukan secara online dalam jaringan internet.

Komunikasi ini biasanya dilakukan menggunakan fasilitas komputer dan telepon pintar (smartphone). Komunikasi online paling banyak terjadi di media sosial dan aplikasi pesan seperti WhatsApp (WA).

Dengan demikian, komunikasi online adalah cara berkomunikasi atau proses penyampaian dan penerimaan pesan melalui jaringan internet.

Menurut Eko dalam Simulasi Digital (2013), istilah komunikasi online mengacu pada membaca, menulis, berbagi video kamera dan komunikasi melalui jaringan komputer. Penyampaian pesan dilakukan dengan melalui cyberspace atau “dunia maya.”

Jenis-Jenis Komunikasi Online

Menurut Eztalks, ada 7 jenis komunikasi online. Jika Anda memanfaatkan internet, Anda mungkin memanfaatkan komunikasi berorientasi internet untuk menghubungi teman, anggota keluarga atau rekan kerja.

Dari memberikan pesan instan hingga e-mail, melakukan panggilan video, hingga menyelenggarakan konferensi video, internet menyediakan berbagai metode komunikasi.

1. Konferensi video

Konferensi video telah berkembang menjadi salah satu jenis komunikasi online terbaik saat ini. Organisasi mendapat manfaat dari konferensi online melalui rapat. Terpopuler melalui Zoom.

2. Chat (Obrolan)

Chat atau obrolan terjadi secara real time. Pengguna obrolan relai internet menggunakan program luar untuk membuat koneksi dengan server IRC.

Pesan instan adalah program yang dapat diunduh yang digunakan orang untuk berkomunikasi. Obrolan berbasis web adalah obrolan online yang diakses melalui browser biasa. Biasanya sebagian layar atau layar penuh disegarkan secara teratur.

3. Whiteboards

Whiteboards interaktif adalah jenis alat komunikasi paling baru di internet. Alat ini populer untuk komunikasi online dalam pendidikan.

Whiteboard memungkinkan pengguna menggambar, menulis, dan berkomunikasi dengan bantuan antarmuka yang mengaktifkan papan tulis fisik nyata. Ini telah menjadi alat pendidikan online terbaik karena fitur mereka membantu dalam belajar.

4. Forum

Ada banyak metode yang dimaksudkan untuk forum online, ini adalah papan diskusi, kelompok diskusi, dan papan buletin.

Forum online dapat dijelaskan seperti area tempat pengguna diizinkan untuk memposting pertanyaan atau komentar. Forum online ini dapat diakses dengan keyboard.

5. Suara melalui IP

Voice Over IP (VoIP) adalah kata yang dicairkan mengacu pada perubahan suara yang dilakukan melalui tautan internet alih-alih melalui saluran telepon biasa.

Beberapa perusahaan besar memanfaatkan VoIP sebagai pengganti saluran telepon tradisional.

Harus dipertimbangkan bahwa mungkin untuk melakukan panggilan VoIP melalui sistem, namun dengan handset atau headset USB.

Panggilannya berorientasi pada audio dan contoh yang baik dari alat komunikasi semacam ini adalah Skype.

Web 2.0 telah mengembangkan pendekatan dan visi baru dari peningkatan teknologi menjadi sangat interaktif dan komunikatif.

Majalah seperti situs web digantikan dengan ruang online yang interaktif dan kuat di mana penulis dan pengunjung dapat memberi dan membantu membuat situs dan membentuk informasi.

6. Email (Surel)

Email –singkatan dari electronic mail atau surat elektronik (surel)– adalah salah satu alat lama dalam jenis komunikasi online.

Email memungkinkan pengguna untuk mengubah foto, mendapatkan berita, dan mengirim file dari berbagai belahan dunia.

7. Jaringan sosial

Jejaring sosial (social network) telah terbentuk dari mengetahui bahwa pengguna aktif online mungkin perlu terhubung dan berhubungan satu sama lain memberikan berita, pembaruan kehidupan, minat, dll.

Halaman profil yang membantu Anda mempelajari satu sama lain ditempatkan di beberapa situs web dan terhubung secara kolektif dengan pesan, obrolan, dan fitur tambahan seperti musik, video dan berbagi foto, kelompok berdasarkan minat dan pekerjaan.

Beberapa jejaring sosial dibuat khusus oleh minat, orang-orang yang menyukai musik.

Kelebihan Komunikasi Online

Kelebihan komunikasi online adalah cepat dan murah. Komunikasi daring bisa menghemat biaya, termasuk menghemat biaya transportasi.

Komunikasi online juga bisa dilakukan dengan cepat tanpa membuangbuang waktu dengan melakukan perjalanan.

Komunikasi daring juga meningkatkan partisipasi. Banyak orang yang berani berbicara secara online karena bisa tanpa kelihatan wajah dan non-verbal.

Kelemahan Komunikasi Online

Kelemahan utama komunikasi secara daring ini adalah memerlukan alat dan koneksi internet.

Komunikasi yang terjadi juga tidak mewakili emosi pengguna. Elemen non-verbal seperti gerakan tubuh, raut muka, dan intonasi bicara tidak bisa sepenuhnya diwakli emoji atau emoticon.

Skill Komunikasi Online

Komunikasi online memerlukan skill atau keterampilan khusus berupa skill digital. Komunikator harus menguasa alat atau perangkat, fitur, dan memahami sistem yang digunakan.

Secara teknis komunikasi, menurut Marketing, skill komunikasi online yang diperlukan antara lain sebagai berikut:

1. Bahasa yang jelas dan ringkas

Ketika berbicara tentang komunikasi online, terutama dalam konten situs web, Anda harus fokus pada bahasa komunikasi.

Isyarat tertulis atau visual harus jelas dan tepat. Seharusnya tidak menyimpang dari topik, dan harus mudah dimengerti.

Jargon teknis, meskipun diperlukan sampai batas tertentu, tidak boleh digunakan secara berlebihan.

Jika memungkinkan, disarankan untuk menggunakan akronim dalam tanda kurung.

2. Nada narasi

Nada dalam berkomunikasi secara online Anda harus sesuai dengan keinginan Anda. Sebagian besar waktu, Anda mungkin bermaksud sesuatu yang lain, dan komunikasi ternyata menjadi sesuatu yang lain.

Ketidaksesuaian tersebut dapat menjadi bencana tidak hanya untuk bisnis, tetapi juga untuk tujuan pribadi. Misalnya, humor bisa menjadi pemecah kebekuan yang hebat. Ini bekerja sangat baik bila digunakan dalam komunikasi tatap muka juga.

Namun, nadanya harus digunakan dengan hati-hati karena humor biasanya mudah disalahartikan, dan Anda mungkin secara sadar atau tidak sadar akhirnya menyakiti perasaan seseorang.

Nada dalam komunikasi via internet ini juga penting ketika komunikasi untuk tujuan bisnis. Bahkan akurasi tata bahasa memainkan peran penting dalam nada komunikasi online Anda.

Kesalahan tata bahasa yang sederhana dapat merusak reputasi Anda. Di sisi lain, ketika alat visual berkomunikasi, akurasi visual paling penting.

3. Berikan tanggapan yang lengkap

Setiap kali Anda berkomunikasi dengan prospek atau pelanggan Anda, Anda harus benar-benar mengatasi semua masalah Anda.

Masalah-masalah ini biasanya adalah masalah yang ditanyakan pelanggan, dan sebagian besar bisnis atau pekerja bisnis gagal memberikan jawaban lengkap atas pertanyaan tersebut. Ini mungkin tidak meninggalkan kesan yang baik tentang organisasi pada pelanggan.

Cara terbaik untuk menyelesaikan masalah pelanggan adalah dengan memahaminya terlebih dahulu. Jangan ragu untuk meminta klarifikasi jika Anda tidak mengerti masalahnya.

Memberikan solusi yang salah lebih buruk daripada tidak memberikan solusi sama sekali. Pahami apa sebenarnya yang diinginkan pelanggan dan kemudian siapkan solusi yang sesuai.

4. Netiket

Bowsmedia menambahkan netiket (netiquette) dalam skill komunikasi online, bahkan di urutan pertama. Netiket –singkatan dari internet etiket– adalah etika dalam komunikasi di internet.

“Ikuti netiket. Ketika orang bertemu langsung untuk pertama kalinya, ada aturan tidak tertulis tertentu tentang kebiasaan untuk berperilaku dengan kesopanan dan kesopanan,” tulisnya.

Mengabaikan aturan ini (netiket) berisiko dianggap kasar, arogan, atau sekadar aneh. Sebagai akibatnya, menciptakan hambatan untuk dialog konstruktif dan merusak hubungan potensial apa pun bahkan sebelum mereka memulai.

Netiket adalah kerangka perilaku yang diterima saat berkomunikasi secara online.

Dalam banyak hal, pentingnya netiket melebihi etiket tatap muka, karena tidak seperti kenalan sekilas, internet menciptakan catatan komunikasi permanen yang dapat menghantui orang dan bisnis yang tidak efektif atau menyinggung dalam interaksi online sebelumnya.

Saat berkomunikasi melalui saluran tanpa memperlihatkan wajah, seperti email atau platform sosial, penting untuk diingat bahwa ada orang sungguhan di pihak penerima, meskipun Anda tidak dapat melihatnya.

Ini juga akan memastikan Anda menggunakan bahasa manusia, daripada menulis dengan penerima robot dalam pikiran.

Apa yang bisa dilakukan? Pertama, bersikaplah sopan seperti saat Anda bertemu secara offline. Akui privasi orang lain dan hargai waktu mereka.

Anda juga dapat memasukkan salam untuk membuat koresponden merasa aman dan dihormati. Salam atau sapaan ringkas dalam komunikasi via internet ini antara lain “hi”, “hello”, “halo gan”, “halo kak”, atau salam lengkap “selamat pagi” dan seterusnya dan salam Islam “Assalamu’alaikum Wr. Wb.”.

Demikian pengertian komunikasi online, jenis-jenisnya, serta skill dan etika dalam melakukannya.*

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here