Home Bahasa Pengertian Internet

Pengertian Internet

165
internet
Ilustrasi Internet (Dremsitime)

Memahami pengertian internet merupakan bagian dari literasi digital. Kehadiran internet membuat kita hidup di zaman perkembangan teknologi internet yang disebut era digital.

Berbagai platform digital muncul untuk sarana komunikasi, interaksi, bisnis, pendidikan, dan sebagainya.

Dikenal sebagai jaringan komunikasi global dan lintas batas, internet menghubungkan orang-orang dari seluruh dunia dan dengan mudah melakukan komunikasi atau interaksi.

Literatur sejarah internet menyebutkan, internet berawal dari sistem jaringan komputer yang disusun oleh Advanced Research Projects Agency (ARPA) dari pemerintah Amerika Serikat tahun 1969 yang disebut ARPANET atau jaringan ARPA.

Tujuan awalnya adalah untuk membuat jaringan yang memungkinkan pengguna komputer riset di satu universitas untuk “berbicara dengan” komputer riset di universitas lain.

Apa pengertian internet? Mengapa disebut internet? Berikut ini ulasannya.

Pengertian Internet secara Bahasa

Internet adalah singkatan dari internconnected network (jaringan yang saling terhubung) atau  interconnection network atau jaringan antarkoneksi.

Internet dipahami sebagai jaringan komputer yang saling terhubung.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan Internet sebagai istilah komputer yang artinya “jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit”.

Dalam praktiknya, sebuah komputer untuk saling terhubung dengan komputer lainnya membutuhkan bantuan dari sebuah program atau aplikasi bernama browser (perambah), seperti Microsoft Edge (dulu Internet Explorer), Google Chrome, dan Mozilla Firefox.

Pengertian Internet menurut Para Ahli

Berikut ini pengertan internet menurut para ahli. Intinya tidak jauh berbeda dengan pengertian internet secara bahasa.

1. Jubilee Enterprise

Internet adalah sebuah sistem jaringan yang menghubungkan berbagai komputer dari berbagai belahan dunia untuk saling terhubung dan bertukar data serta bertukar informasi.

Bara Juga:  Pengertian Komunikasi

Jubilee Enterprise, Panduan Memilih Koneksi Internet untuk Pemula (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2010).

2. Ahmadi dan Hermawan 

Internet adalah komunikasi jaringan komunikasi global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun berbeda sistem operasi dan mesin.

Ahmadi dan Hermawan, E-Business & E-Commerce (Yogyakarta: Andi, 2013).

3. Allan 

Pengertian internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang terhubung satu sama lain dan dapat membaca serta menguraikan berbagai protocol komunikasi tertentu yang biasa kita kenal dengan istilah Internet Protocol (IP) dan juga Transmission Control Protocol (TCP).

Allan, Pengertian Internet dan asal usul dari kata internet (Surabaya: Penerbit Indah, 2005).

4. Turban, Rainer, Potter 

Internet adalah suatu jaringan besar yang dapat menghubungkan jaringan komputer, mulai dari organisasi pemerintah, organisasi bisnis, hingga sekolah – sekolah di seluruh dunia secara langsung dan cepat.

Turban, Rainer, dan Potter, Pengantar Teknologi Informasi (Salemba Infotek. Jakarta, 2006).

5. Aji Supriyanto

Internet memiliki arti yaitu suatu hubungan dengan berbagai jenis komputer dan dengan jaringan yang ada di dunia serta memiliki sistem operasi dengan aplikasi yang berbeda.

Hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi misalnya telepon dan satelit yang juga menggunakan protokol standar dalam melakukan komunikasi, yaitu protocol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol).

Aji Supriyanto, Pengantar Teknologi Informasi (Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2005).

Dari definisi atau pengertian internet di atas, dapat disimpulkan internet adalah jaringan komputer yang terhubung satu sama lain, sesuai dengan kepanjangannya: interconnected network atau jaringan yang saling terhubung.

Istilah internet sering disingkat “net” yang merupakan singkatan dari network.

Cara Menggunakan Internet

Untuk mengakses atau menggunakan internet, kita memerlukan perangkat gawai (gadget), baik berupa komputer, laptop, tablet, maupun telepon seluler pintar (smartphone).

Bara Juga:  Arti Logika dan Logikanya dalam Komunikasi

Dengan gawai itu kita mengakses internet melalui koneksi internet (internet connection) yang disediakan penyedia jasa internet (internet service provider).

Gambar dari PNGitem berikut ini menggambarkan cara kerja internet.

Internet

Demikian pengertian internet plus gambaran cara kerja dan daftar istilahnya.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here