Home Bahasa Narablog, Istilah Indonesia untuk Blogger

Narablog, Istilah Indonesia untuk Blogger

49

pengertian blog blogger blogging

Kita sudah familiar dengan kata blog, bogger, blogging, atau ngeblog. Namun, kita mungkin jarang mendengar istilah “narablog”.

Apa itu narablog?

Secara bahasa, “nara” artinya “orang” (KBBI Daring). Kata ini tidak berdiri sendiri, tapi harus diikuti kata lain, misalna narasumber, narahubung, dan narablog.

Narablog adalah bahasa Indonesia “blogger” –dari kata “blog”. Kata blog dalam KBBI diartikan sebagai “catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa saja”.

Narablog adalah orang yang membuat blog; bloger; pengeblog.

Jadi, narablog adalah istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang yang memiliki dan mengelola sebuah blog.

Aktivitas narablog adalah membuat postingan –umumnya berupa tulisan– untuk mengisi blognya. Umumnya blogger, bloger, atau narablog menuliskan pengalaman, pengetahuan, atau pemikiran tentang topik tertentu.

Platform atau situs tempat membuat blog yang populer digunakan saat ini adalah Blogger milik Google dan WordPress. Ada juga Medium dan platform blog lainnya.

Blog sendiri merupakan salah satu jenis website, yakni website pribadi (personal web). Awalnya, blog berisi tautan ke website lain.

Kata “blog” merupakan kependekan dari website log atau “weblog”. “Log” sendiri artinya catatan atau rekaman.

Demikian pengertian narablog yang merupakan “terjemahan” dari blogger atau istilah Indonesia untuk blogger –selain bloger.

Penghasilan Narablog

Narablog bisa menghasilkan uang dari blognya. Setidaknya ada 7 sumber penghasilan blogger dari blognya. Simak video berikut ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here