Home Artikel Top 5 Aplikasi Podcast Terpopuler untuk Podcasting dan Mendengarkan

Top 5 Aplikasi Podcast Terpopuler untuk Podcasting dan Mendengarkan

71

Mendengarkan podcast menjadi kesibukan baru pengguna internet, selain browsing, surfing, searching, dan bermedia sosial.

Podcast seakan menggantikan peran radio yang popularitasnya mulai redup sejak kehadiran internet.

Podcast itu sejatinya siaran mirip siaran radio, namun berupa rekaman audio, dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan cara berbicara atau ngobrol tentang topik tertentu, per episode, dan dipublikasikan di berbagai platform podcast.

Per definisi, podcast adalah file audio digital (format mp3) yang berisikan suara penyiar atau pembawa acara (host/podcaster) mengenai suatu topik tertentu. File ini bisa didengarkan langsung secara online dan didownload untuk didengarkan offline kapan saja dan di mana saja.

Kini pengguna internet makin mudah untuk memilih dan mendengarkan podcast. Di antara banyaknya aplikasi podcast, berikut ini 5 aplikasi podcast terpopuler atau paling banyak digunakan atau diunduh oleh pendengar podcast dan digunakan oleh podcaster untuk membuat podcast (podcasting).

Top 5 Aplikasi Podcast Terpopuler untuk Podcasting dan Mendengarkan

Top 5 Aplikasi Podcast Terpopuler

Berikut ini Top 5 Aplikasi atau Platform Podcast terpopuler di Indonesia.

1. Anchor

Dengan tagline “cara termudah membuat podcast”, Anchor paling banyak digunakan podcaster untuk membuat atau mengupload podcastnya untuk disebarkan ke platform podcast lain.

anchor

Anchor adalah aplikasi untuk membuat sekaligus mendengarkan podcast. Anda tinggal membuat akun, gratis, dan langsung memiliki kanal podcast.

Anchor menyediakan  fitur untuk merekam hingga mempublikasikan file aduio atau podcast yang sudah dibuat. Platform ini juga otomatis menyebarkan podcast ke platform podcast lain seperti Spotify dan Google Podcast.

Salah satu daya tarik aplikasi ini adalah fitur monetisasi yang bisa membantu podcaster untuk dapat menghasilkan uang dari podcast.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis serta tanpa iklan melalui PlayStore atau App Store. Anchor juga bisa dibuka langsung di komputer.

Contoh Podcast di Anchor

2. SPOTIFY

Spotify adalah penyedia layanan media dan streaming audio yang berbasis di Swedia. Menurut Wikipedia, aplikasi atau platform podcast populer ini diluncurkan pada Oktober 2008.

spotify

Platform ini dimiliki oleh Spotify AB, sebuah perusahaan publik di Bursa Efek New York sejak 2018 melalui perusahaan induknya Spotify Technology SA. Kantor pusat global Spotify adalah di Stockholm, Swedia.

Spotify mengklaim sebagai layanan musik digital yang memberi Anda akses ke jutaan lagu. Pengguna internet banyak memilihnya untuk mendengarkan lagu dan podcast.

Lebih dikenal sebagai layanan untuk mendengarkan musik, Spotify juga menyediakan sarana untuk publikasi sekaligus mendengarkan podcast.

Bahkan, beberapa podcast yang dipopulerkan media di Indonesia bisa didengarkan melalui Spotify.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis pada platform iOS dan Android. Namun, Jika ingin tanpa diganggu iklan, Anda harus terlebih dahulu berlangganan Spotify premium.

Podcast yang dibuat atau diupload di Anchor akan otomatis terpublikasikan di Spotify –Anchor memang sudah milik Spotify.

Contoh Podcast di Spotify

3. Google Podcast

Google Podcast merupakan platform atau aplikasi podcast dari Google dengan user interface yang sederhana, sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Google Podcast

Meskipun memiliki user interface yang sederhana, Google podcast dibekali dengan library podcast yang lengkap.

Selain itu, Google Podcast juga terintegrasi dengan Google Search App dan Google Assistant sehingga dapat mempermudah pengguna dalam mencari podcast yang ingin didengar.

Aplikasi ini dapat didownload secara gratis pada platform Android dan iOS serta bisa dibuka langsung di komputer. Contoh Podcast di Google Podcast.

4. Castbox

Castbox adalah perusahaan podcast yang berbasis di Hong Kong. Perusahaan ini menyelenggarakan dan memproduksi podcastnya sendiri.

castbox

Jutaan podcast untuk semua topik. Dengarkan podcast gratis terbaik di Android, Apple iOS, Amazon Alexa, Google Home, Carplay, Android Auto, PC.

Salah satu keunggulan aplikasi podcast populer adalah banyaknya pilihan podcast yang ditawarkan kepada pengguna. Castbox sendiri merupakan sebuah podcast aggregator yang mengambil dari berbagai sumber lainnya.

Selain memberikan banyak pilihan podcast, Castbox juga memiliki dukungan untuk 70 bahasa, dapat melakukan Chromecast, serta memiliki fitur untuk menyinkronkan podcast secara cloud sehingga pengguna nantinya dapat melanjutkan podcast melalui perangkat yang berbeda.

5. Podcast Addict

Podcast Addict  memiliki library podcast yang cukup lengkap. Di aplikasi ini, Anda juga dapat menemukan audio book, siaran radio yang dapat langsung streaming, dan masih banyak lagi jenis podcast yang lainnya.

podcast addict

Aplikasi podcast ini terintegrasi dengan Youtube. Salah satu fitur menarik lainnya dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk memutar file audio berformat mp3. Kelemahannya, aplikasi Podcast Addict baru tersedia bagi pengguna Android.

Itu top 5 aplikasi untuk mendengarkan podcast. Selamat podcasting dan/atau mendengarkan podcast!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here