Home Humas PR Skills: Daftar Keterampilan Dasar Humas Online

PR Skills: Daftar Keterampilan Dasar Humas Online

125

Menguasai PR Skills wajib bagi humas modern. Berikut ini Daftar Keterampilan Dasar Humas Online.

pengertian humas

Praktisi hubungan masyarakat (humas) atau public relations (PR) merupakan para profesional. Keterampilan utamanya adalah menguasai seni komunikasi lisan dan tulisan, berbicara dan menulis (khususnya rilis pers).

Di era digital, keterampilan humas bertambah dengan komunikasi online atau komunikasi digital, seiring bertambahnya media humas berupa platform digital untuk kegiatan kehumasan.

Berikut ini daftar keterampilan dasar humas online meliputi penguasaan alat humas daring (online PR tools).

Keterampilan Dasar Humas Online

Humas online bukanlah keahlian atau spesialisasi yang terpisah dari hubungan masyarakat tradisional. Cyber PR skills merupakan bagian integral darinya.

Siapa pun yang akrab dengan humas tradisional, tidak akan kesulitan mempelajari cara menggunakan alat humas online ini untuk membantu hampir semua jenis lembaga atau bisnis.

1. Website

Website merupakan media humas utama saat ini. Situs web yang baik adalah jantung dari setiap pemasaran bisnis dan upaya hubungan masyarakat online.

Semua aktivitas humas dan pemasaran online lainnya terkait dengan Situs Web Anda (atau klien Anda).

Poin utama:

  • Riset kata kunci dan penulisan yang dioptimalkan mesin pencari (SEO) sangat penting.
  • Algoritme mesin pencari terus menjadi lebih canggih – mereka sekarang mulai mengenali dan menghargai konten yang bagus dan informatif (bahkan jika satu atau dua kata kunci tidak pada tempatnya).
  • Situs yang baik memerlukan perencanaan yang matang untuk mengembangkan struktur hierarki yang mudah dinavigasi.
  • Mesin pencari menghargai aliran konten baru yang stabil, termasuk halaman topik tertentu, siaran pers, posting blog, buletin, podcast, video, dan pembaruan dari situs media sosial.
  • Menulis untuk dua audiens yang sama pentingnya – manusia dan mesin pencari – membutuhkan keterampilan menulis yang solid.
Bara Juga:  Humas Pemerintah: Tugas Pokok, Fungsi, dan Tantangan

2. Online Press Release

Press release adalah jenis penulisan humas utama. Dulu humas membuat rilis pers dan mengirimkannya kepada wartawan dalam konteks hubungan media (press relations).

Siaran pers online hampir identik dengan siaran pers tradisional, dengan beberapa perbedaan yang signifikan. Saat ini siaran pers lembaga tak harus dikirimkan ke media. Cukup dipublikasikan di website lembaga dan jurnalis online akan menemukannya.

Poin utama:

  • Konten didasarkan pada kata kunci yang berasal dari penelitian kata kunci.
  • Kata-kata kunci itu berada dalam rilis dan seberapa sering kata itu digunakan adalah penting.
  • Panjang tipikal adalah 400 – 600 kata.
  • Siaran pers online yang dibuat dengan baik berisi tautan kembali ke Situs Web Anda atau milik klien Anda.
  • Rilis online dapat menyertakan logo, foto, dan video.

3. Article Marketing

Pemasaran artikel mirip dengan mengeluarkan siaran pers online. Perbedaan utamanya adalah Anda mengirimkan produk jadi yang ditujukan untuk audiens non-jurnalis.

Pemasaran artikel atau pemasaran konten (content marketing) dilakukan oleh seluruh bisnis besar dan bahkan situs-situs berita. Targetnya adalah jumlah pengunjung atau populitas brand dan website.

Praktisi humas tidak hanya membuat rilis atau berita kegiatan lembaga, tapi juga tulisan menarik lain di website lembaga.

Poin utama:

  • Artikel memberikan cara cepat dan murah bagi usaha kecil untuk membangun reputasi online yang kuat dan menghasilkan lalu lintas situs web.
  • Berdasarkan penelitian kata kunci, penempatan dan kepadatan.
  • Distribusi, biasanya gratis, dilakukan melalui situs penerbitan artikel, bukan newswires.
  • Tautan (links) tidak diizinkan dalam salinan tubuh.
  • Artikel bisa lebih panjang, sebaiknya 500 – 800 kata.
  • “Blok penulis” memberikan deskripsi singkat tentang kredensial penulis. Ini adalah tempat untuk menyediakan satu atau dua tautan, tidak lebih.
Bara Juga:  Kode Etik Humas

4. Online Bulletin

Buletin online adalah alat yang hebat untuk bisnis kecil apa pun, termasuk milik Anda. Yang ini adalah no-brainer untuk pekerjaan hubungan masyarakat online dan profesional PR – ini bercerita.

Poin utama:

  • 3-5 artikel pendek 100 – 300 kata.
  • Gunakan foto, bagan, grafik untuk mengilustrasikan cerita.
    Judul pendek dan menarik serta baris subjek email.
  • Perangkat lunak eNewsletter adalah bagian dari banyak sistem manajemen konten situs web, tetapi tersedia beberapa alternatif berdiri sendiri yang bagus.
  • Sebagian besar perangkat lunak buletin sebagai layanan diberi harga berdasarkan jumlah alamat di daftar Anda, bukan jumlah buletin yang Anda kirim setiap bulan.
  • Dapat diposting ke Situs Web untuk menambahkan lebih banyak konten bagus, membangun visibilitas situs.

5. Blog

Banyak praktisi humas yang belum memahami pentingnya blog dalam kegiatan humas online. Blog dalam konteks humas dan pemasaran adalah postingan gaya blogger yang aktual dan informal, serta biasanya berisi tutorial.

Blog masuk dalam daftar alat humas online dan strategi pemasaran.

Poin utama:

  • Blogging populer secara universal, dan sekarang mengambil peran lebih besar dalam bisnis kecil.
  • Blogger top secara konsisten menyediakan konten hebat yang menjawab pertanyaan dan membantu orang memecahkan masalah.
  • Posting blog menikmati status favorit dengan mesin pencari.
  • Blog sangat mudah untuk dimulai dan dikelola dengan layanan seperti Blogger.com – tetapi jika Anda berencana untuk melakukan banyak hal dengannya, dapatkan nama domain Anda sendiri sehingga Anda dapat membuat konten untuk diri sendiri.
  • WordPress mungkin adalah perangkat lunak paling populer untuk membuat blog yang berdiri sendiri. Ini gratis, dan komunitas pengembang yang besar terus memberikan plugin yang menjadikannya pilihan yang baik untuk membangun situs bisnis kecil, jika Anda memiliki pengetahuan pemrograman.
Bara Juga:  Media Humas dan Digital PR Skills yang Harus Dimiliki

6. Media Sosial

Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok adalah alat humas online pendukung website. Di media sosial humas menyebarkan cuplikan atau konten ringkas yang diposting di situs web.

Kunci sukses media sosial adalah bergabung dalam percakapan, bukan mencoba mendominasi. Situs media sosial sangat cocok untuk humas online karena mereka memanfaatkan kekuatan profesional PR untuk membangun hubungan.

Poin utama:

  • Situs media sosial bekerja dengan baik di semua area fungsional PR tradisional – media, hubungan internal dan komunitas.
  • Situs sosial memberikan umpan balik instan tentang produk, keluhan dan preferensi konsumen.
  • Situs media sosial populer, seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, YouTube, dan Flickr merupakan platform yang sangat baik untuk pemasaran bisnis kecil.
  • Anda harus memiliki strategi dan pesan utama untuk mendapatkan hasil maksimal dari situs media sosial.
  • Banyak perusahaan sekarang menggunakan situs media sosial untuk manajemen hubungan pelanggan utama.
  • Daftar situss terus berkembang: tidak ada yang bisa menggunakan semuanya, dan tidak perlu.

Media Humas dan Digital PR Skills yang Harus Dimiliki

Jangan Menjadi PR Purist

Jika Anda seorang PR murni, Anda mungkin menemukan beberapa aspek humas online tidak nyaman. Itu bisa dimengerti, tetapi jika Anda menerimanya, Anda akan membuka jalan bisnis baru untuk diri sendiri dan klien Anda.

Pagar yang dibangun antara pemasaran dan hubungan masyarakat di banyak perusahaan besar tidak ada di bisnis kecil. Biarkan konvergensi hubungan masyarakat, pemasaran, dan hubungan pelanggan menguntungkan Anda.

Demiikian keterampian dasar humas online atau cyber PR. Perusahaan atau lembaga Anda bisa merekrut staf humas dengan kompetensi digital yang baik, atau melatihnya –lakukan pelatihan humas online

THE PR DOC

Buku Humas Online
Buku Humas Online. Order: https://lekkas.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here