Home Jurnalistik Jurnalisme Multimedia dan Skill Wartawan Era Digital

Jurnalisme Multimedia dan Skill Wartawan Era Digital

129

Pengaturan Kerja untuk Jurnalis Multimedia

Wartawan multimedia dapat bekerja di berbagai lingkungan. Berikut adalah daftar kemungkinan pengaturan kerja yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan jurnalis multimedia:

Bekerja dari jarak jauh

Wartawan sering meneliti cerita mereka secara online dan menelepon atau mengirim pesan kepada subjek wawancara dari kantor pusat.

Banyak jurnalis lepas memilih untuk bekerja dari jarak jauh untuk berbagai situs web.

Hibrida

Banyak jurnalis dapat memilih untuk bekerja dari jarak jauh untuk beberapa cerita tetapi tidak untuk yang lain.

Beberapa pekerjaan mengharuskan jurnalis untuk hadir secara langsung, seperti memfilmkan atau memotret konten, atau mendokumentasikan laporan langsung dan langsung.

Beberapa jurnalis multimedia bekerja dari jarak jauh, tetapi kadang-kadang melakukan check-in secara langsung dengan kantor, studio, atau stasiun penyiaran mereka.

Sebagian besar secara pribadi

Pengaturan pekerjaan jurnalisme tatap muka termasuk studio berita atau film. Tempat kerja ini biasanya mengharuskan jurnalis menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja di tempat.

Tanggung Jawab Jurnalis Multimedia

Meskipun tanggung jawab bervariasi per spesialisasi, tugas utama tertentu menentukan apa itu jurnalis multimedia.

Memuat Konten Multimedia

Deskripsi pekerjaan jurnalis multimedia termasuk membuat konten multimedia dan menyiarkannya di berbagai platform.

Contoh dari berbagai jenis media yang dapat digunakan wartawan antara lain ilustrasi grafis, foto, audio, dan konten tertulis.

Platform dapat mencakup blog, media sosial, artikel yang diterbitkan dalam bentuk cetak dan online, paket video dan berita, radio, dan acara televisi.

Kumpulkan dan Sajikan Informasi yang Akurat

Wartawan multimedia perlu memastikan validitas dan kredibilitas informasi dan sumber mereka. Untuk hanya penelitian topik tidak cukup. Wartawan harus yakin bahwa sumbernya dapat dipercaya dan informasinya akurat.

Bara Juga:  Pengertian Foto Jurnalistik dan Jenis-Jenisnya

Kembangkan Sudut Unik

Meskipun jurnalis multimedia harus melaporkan fakta saja (kecuali jika jurnalis menulis kolom opini atau semacamnya), mereka tetap bisa kreatif dalam penyampaiannya.

Mengembangkan sudut unik dengan pengait yang bagus membuat berita menonjol.

Melayani Kepentingan Publik Secara Etis

Wartawan bertindak sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan untuk masyarakat umum.

Mereka tidak hanya memiliki kewajiban etis untuk menceritakan kisah mereka secara adil dan akurat, tetapi juga kewajiban hukum. Inilah yang membedakan jurnalis multimedia profesional dari seseorang yang hanya memposting informasi di media sosial.

Jika seorang jurnalis membagikan informasi yang salah atau tidak akurat, mereka dapat dimintai pertanggungjawaban secara hukum. Tanggung jawab dan etika sangat penting bagi seorang jurnalis multimedia.

Keterampilan Dasar Jurnalis Multimedia

Calon jurnalis multimedia ingin mengasah keterampilan kerja utama yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan jurnalis multimedia:

  • komunikasi yang baik dan keterampilan interpersonal
  • Kemampuan untuk berkembang saat bekerja di sekitar tenggat waktu yang ketat
  • Keterampilan organisasi dan multitasking yang baik
  • Bercerita yang mahir
  • Penulisan kreatif yang berkualitas
  • Kemampuan untuk mengedit dengan baik
  • Pengetahuan tentang pengeditan video
  • Pemahaman mendalam tentang berbagai media dan plplatform yang dapat dimanfaatkan

Wartawan Masa Depan

Wartawan masa depan, dengan demikian, tidak hanya ada di lembaga pers atau media. Ia ada di banyak kantor dan lembaga.

Wartawan masa kini dan masa depan juga tidak hanya punya format media cetak dan elektronik (radio/TV), tapi multimedia berbasis internet.

Maka, untuk bisa memiliki banyak pilihan profesi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terkini, wartawan modern tidak cukup hanya bisa menulis sebagai keterampilan dasar sekaligus “tradisional”.

Kata kuncinya bagi wartawan masa kini dan masa depan adalah “adaptabilitas” (adaptability).

Bara Juga:  Jenis-Jenis Karya Jurnalistik: News, Views, Feature

“Keterampilan utama untuk setiap jurnalis di era media baru, media apa pun yang mereka gunakan, adalah kemampuan beradaptasi. Usia jurnalis yang hanya menulis teks, atau yang hanya merekam video, atau audio, sudah lewat. Saat ini, surat kabar dan majalah, program televisi dan radio semuanya memiliki situs web yang menyertainya.” (Paul Bradshaw, Online Journalism Blog).

“Wartawan tidak lagi cukup hanya mampu menulis teks. Sekarang penting bagi mereka untuk memahami pertukaran antara teks dan gambar yang memberikan identitas visual pada situs web. Jadi jurnalis perlu membiasakan diri berpikir dalam gambar.” (Online Journalism: The Essential Guide, Steve Hill & Paul Lashmar. Sage Publication, 2014)

Dengan kata lain, wartawan modern (masa kini dan masa depan) adalah wartawan multimedia atau multimedia storyteller. Ia harus mampu meliput dan menyajikan berita dalam beragam tipe media masa kini –teks, audio, grafis, animasi, video, dan foto.

“…penggunaan kolektif banyak jenis media seperti teks, audio, grafik, animasi, video, dan foto untuk menyampaikan informasi” (The Multimedia Journalist).

Fakta yang dikemukakan laman Multimedia Journalist berikut ini menjadi tantangan bagi wartawan modern untuk mampu menyesuaikan diri dan menjadi “adaptable journalist”:

1. Trend audiens.

Audience trends. Tren Konsumsi media saat ini fokus pada visual. Media kaya visual, seperti video, foto, dan grafis informasi menjadi format berita menarik bagi audiens kontemporer.

2. Pengembangan lanskap media.

The evolving media landscape. Untuk bisa bertahan di era internet, perusahaan media tradisional menghadirkan “versi online” berupa situs sebagai media (online media, media online, cyber media) untuk menyampaikan konten multimedia dan melibatkan audiens dalam cara-cara baru dengan menggunakan perangkat media sosial.

Bara Juga:  Pengertian Pers serta Karakteristik, Jenis, dan Fungsinya

3. Mempraktikan multimedia.

Practicing multimedia. Wartawan masa kini perlu beradaptasi, tidak cukup hanya terampil pada satu alat atau teknologi.

4. Jurnalis multimedia.

The multimedia journalist. Jurnalis multimedia masa kini harus memiliki skill menulis yang kuat, mengetahui cara menggunakan alat dan software multimedia, dan mampu menaksir berita potensial multimedia dan menentukan format berita yang paling tepat.

Demikian jurnalisme multimedia dan skill wartawan era digital atau jurnalis modern.

Sumber: Elmhurst, Hilbert, OJB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here